YIC Al-Markaz Al-Islami Bakal Gelar Haflah Tilawatil Quran dan Muhasabah Diri

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Yayasan Islamic Center (YIC) Al-Markaz Al-Islami akan menggelar Muhasabah dan Dzikir serta Haflah Tilawatil Quran, Minggu (7/7).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati satu Muharram tahun baru Islam 1446 Hijriah yang jatuh pada hari Ahad tanggal 7 Juli 2024.

Peringatan tahun baru Islam merupakan momentum yang istimewa bagi ummat Muslim di seluruh dunia, sebab hari dimana Nabi Muhammad berhijrah dari Mekah ke Madinah dan kemudian membangun negara Islam.

Ketua Panitia Satu Muharram Masjid Al-Markaz Al-Islami, Muannas menyampaikan Muhasabah adalah kegiatan utama perayaan tahun baru Islam tahun ini. Pihak YIC Al-Markaz Al-Islami memeilih kegiatan Muhasabah dengan harapan jemaah yang hadir bisa mengintrospeksi atau mengevaluasi diri untuk lebih baik di tahun 1446 Hijriah.

“Kita perlu merayakan ini juga untuk melakukan introspeksi diri selama setahun terakhir oleh karena itu salah satu rangkaian acaranya adalah muhasabah atau renungan introspeki diri, apa-apa yang kita lakukan selama setahun terakhir, berbekal introspeksi kita kedepannya umat Islam itu mempunyai kualitas hidup yang lebih baik,” kata Muannas.

Dalam kegiatan Dzikir dan Muhasabah ini akan dipimpin oleh KH. Firdaus Maile. “Kemudian baru tahun ini juga kita menggelar namanya Muhasabah, jadi kita mengundang motivator Islam yang bisa memimpin renungan, introspeksi kita bermuhasabah tentang apa-apa yang kita lakukan,” imbuhnya.

Selain itu, YIC Al-Markaz Al-Islami juga akan menggelar Haflah Tilawatil Quran yang akan dibawakan oleh qoriah nasional Raodatul Jannah dan qoriah internasional Nurhidayah Sulaiman, sehingga menambah kehidmatan peringatan tahun baru Islam 1446 Hijriah.

“Peringatan tahun baru kali ini di Masjid Al-Markaz itu saya kira sangat istimewa, untuk pertama kalinya tahun ini ada namanya Haflah Tilawatil Quran, yang menghadirkan seorang qoriah internasional dan qoriah nasional,” tuturnya.

Muannas menuturkan perayaan tahun baru Islam ini juga menjadi ajang silaturahmi bersama jemaah untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah.

  • Bagikan