Mahasiswa KKN-T Unifa Bahas Pengembangan Wisata PLTB Jeneponto

  • Bagikan
Seminar program kerja mahasiswa KKN Tematik MBKM Unifa Angkatan 5 Tahun Akademik 2023/2024, Selasa (09/07/2024).

JENEPONTO, RAKYATSULSEL - Mahasiswa KKN Tematik MBKM Unifa Angkatan 5 Tahun Akademik 2023/2024 mengadakan seminar program kerja (proker) di Kelurahan Empoang Utara, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Selasa (09/07/2024).

Seminar ini membahas tentang pengembangan destinasi wisata PLTB di Kabupaten Jeneponto. Proker ini direncanakan akan direalisasikan dalam waktu kurang lebih dua bulan ke depan. Seminar tersebut dihadiri oleh Dosen Pembimbing, Zagita Marna Putra, S.T., M.T.

Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Suardi SE, MM yang sekaligus membuka seminar program kerja (proker), Kabid Pariwisata Drs. Ernawati, MM., pihak PT Energi Bayu Jeneponto Wahyunis, serta Lurah Empoang Utara Abdul Rahman A. Md, kepala lingkungan Empoang Utara, dan tokoh masyarakat setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Suardi menyatakan, "Kehadiran mahasiswa KKN-T Universitas Fajar memiliki lokus pada pengembangan wisata PLTB. Sebagaimana kesepakatan kami dengan pihak perusahaan PT. Energi Bayu Jeneponto untuk menjadikan satu titik destinasi wisata di lingkup wilayah PLTB itu sendiri."

Kadis berpesan kepada mahasiswa Unifa agar tidak hanya datang untuk menggugurkan kewajiban, tetapi untuk berbuat bagi desa, masyarakat, dan negara.

“Saya berharap seluruh program kerja bisa memberikan manfaat bagi masyarakat, sesuai dengan harapan kita bersama."

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berpesan agar selalu melakukan koordinasi dengan pihak terkait jika mengalami kendala dalam setiap aktivitas.

Sebanyak 18 mahasiswa Unifa yang melakukan KKN-T di Jeneponto dibagi menjadi tiga kelompok. Setiap kelompok ditempatkan di lokasi wisata berbeda di Jeneponto, yaitu Posko 1 di Hutan Mangrove Monro-Monro, Kelurahan Monro-Monro, Kecamatan Binamu; Posko 2 di Wisata Kitesurfing, Desa Mallasoro, Kecamatan Bangkala; dan Posko 3 di Wisata PLTB Kebun Angin, Desa Lengke-Lengkese, Kecamatan Binamu.

Kegiatan KKN-T Unifa tahun ini berbasis pada lokasi wisata, berbeda dengan sebelumnya yang berbasis desa. Mahasiswa akan menyelesaikan kegiatan KKN-T mereka pada bulan Agustus mendatang. (*)

  • Bagikan