Brimob Bone Turut Berpartisipasi dalam Pembentangan Bendera di Gusung Tangkulara

  • Bagikan

BONE, RAKYATSULSEL — Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel turut meramaikan semarak Hari Kemerdekaan dengan berpartisipasi dalam kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih di Gusung Tangkulara.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Tim 7 bekerja sama dengan Kecamatan Tanete Riattang Timur pada Selasa (27 Agustus 2024). Acara ini diadakan dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI tahun 2024 dan juga sebagai ajang promosi wisata bahari di daerah Bumi Arung Palakka.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, AKBP Nur Ichsan, S.Sos., M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan pembentangan bendera Merah Putih ini bertujuan untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan.

"Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus mengisi kemerdekaan dengan kegiatan-kegiatan yang positif," ujar Danyon Ichsan.

Pesan tersebut tersirat dalam perjuangan rombongan menuju Gusung Tangkulara, di mana sebelum tiba di lokasi untuk melakukan pembentangan bendera berukuran 79 meter, mereka harus menghadapi tantangan berat.

Rombongan, yang terdiri dari sekitar 200 kapal besar dan kecil, menghadapi ombak lautan yang menantang.

"Kegiatan ini bukan hanya melibatkan unsur pemerintah, TNI, dan Polri, tetapi juga masyarakat dan nelayan di Bajoe yang turut meramaikan acara ini," tambah Danyon Ichsan, yang bergelar Magister Sains.

Acara ini dihadiri oleh Pj Bupati Bone, Andi Winarno Eka Putra, Kapolres Bone, AKBP Erwin Syah, dan Dandim 1407/Bone, Letkol Inf. Moch. Rizqi Hidayat Djohar.

Tangkulara, yang menjadi lokasi kegiatan, dikenal dengan gundukan atau gusung pasir putihnya. Sejak dahulu, wilayah ini menjadi tempat untuk membersihkan kerak karang yang menempel di badan perahu sekaligus tempat melepas lelah para nelayan Bugis dan suku Bajo ketika melaut.

Hamparan pasir putih yang dikelilingi vegetasi terumbu karang dan biota laut yang indah memberikan daya tarik tersendiri, seakan menghipnotis wisatawan lokal yang pernah berkunjung ke tempat ini. (*)

  • Bagikan