Bawaslu Usut Dugaan Netralitas ASN Terkait Foto Kadinsos Takalar dan Cawabup yang Viral di Medsos

  • Bagikan
Komisioner Bawaslu Takalar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Foto Kepala Dinas Sosial dan PMD Takalar Andi Rijal Mustamin bersama salah satu calon wakil bupati Takalar, Hengky Yasin. viral di media sosial. Dalam foto itu Andi Rijal tampak duduk bersebelahan dengan Hengky Yasin bersama seorang lainnya.

Acara tersebut adalah bimbingan teknis penguatan partisipasi pegiat desa tahun anggaran 2024 di Kabupaten Takalar. Kegiatan itu diadakan Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi yang berlangsung di Hotel Dalton, Makassar, pada Selasa (3/9/2024). 

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Takalar, Nelliyati menyatakan akan mengusut dugaan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN) menjelang Pilkada Serentak 2024. Dia mengatakan, akan memproses laporan yang telah masuk sesuai mekanisme dan prosedural.

"Sebagai langkah awal, Bawaslu Takalar akan melakukan pemeriksaan syarat formil dan materiil. Kami akan menilai keterpenuhan syaratnya dan melakukan kajian awal," ujar Nelliyati, Jumat (6/9/2024).

Menurut dia, pihaknya perlu menelusuri bukti-bukti soal dugaan pelanggaran netralitas ASN tersebut. Selain itu, perlu juga diketahui dan ditelusuri kegiatannya seperti apa dan pihak-pihak yang hadir dalam kapasitas seperti apa. 

"Apakah dalam kegiatan itu ada bukti-bukti yang menunjukkan bahwa ada proses kampanye atau penggiringan untuk memilih paslon tertentu," kata imbuh dia. 

Sementara itu, Hengky Yasin menyebutkan hadir pada kegiatan itu dalam kapasitasnya sebagai legislator DPRD Sulawesi Selatan. Menurut dia, dia diundang sebagai pemateri dengan memberi memberikan bimbingan teknis kepada penggiat desa. 

  • Bagikan