KPU Bantaeng Tetapkan Dua Paslon di Pilkada 2024

  • Bagikan
Konferensi pers KPU Bantaeng.

BANTAENG, RAKYATSULSEL - Komisi Pilihan Umum (KPU) Bantaeng secara resmi menetapkan dua pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bantaeng yang akan berkompetisi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Dalam konferensi persnya Minggu 22 September, KPU Bantaeng menetapkan pasangan Muhammad Fathul Fauzi Nurdin - Sahabuddin dan Ilham Azikin - Nurkanita M Kahfi. Putusan itu tertuang dalam berita acara  nomor 176/PL.02.3-BA/7303/2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bantaeng tahun 2024.

Ketua KPU Bantaeng, Muhammad Saleh mengatakan, putusan tersebut ditetapkan dalam rapat pleno. Hasil pleno tersebut menetapkan dua pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bantaeng.

"Kami telah menetapkan dua pasangan calon bupati untuk Kabupaten Bantaeng sama dengan yang telah mendaftar," kata dia.

Selanjutnya, pasangan Muhammad Fathul Fauzi Nurdin - Sahabuddin diusung oleh Partai PDI-P, PKS, Golkar, Gelora dan Perindo atau lima partai. Pasangan Ilham Azikin - Nurkanita M Kahfi diusung oleh Partai NasDem, PAN, PKB, Demokrat, Gerindra dan PSI atau enam partai.

Muhammad Saleh juga menjelaskan, Senin 23 September akan dilaksanakan pengundian nomor urut Paslon dan deklarasi Pilkada Damai. Tanggal 25 September sampai 23 November juga telah ditetapkan sebagai masa kampanye.

"Jam 8 pagi itu pengundian nomor urut. Kurang lebih satu jam kita langsung melaksanakan deklarasi kampanye damai karena tanggal 25 September sudah masuk masa kampanye sampai 23 November. Deklarasi kampanye damai kami mengundang forkopimda," kata dia.

Untuk pengundian nomor urut, KPU Bantaeng telah membuat kesepakatan dengan pihak Kepolisian, TNI, SatPol PP Bantaeng dan kedua Paslon. Masing-masing Paslon hanya boleh didampingi 35 orang yang diperbolehkan masuk di ruang pengundian nomor urut.

"Jumlah 74 orang dengan paslonnya yang bisa hadir di dalam Aula. Paslon juga kami harapkan besok menandatangani deklarasi kampanye damai," kata dia.

Proses pengundian nomor urut dan deklarasi kampanye damai akan disiarkan juga live streaming di akun YouTube KPU Bantaeng. "Jadi pendukung masing-masing diharapkan nonton di poskonya saja masing-masing. Kami harap tidak ada pengerahan massa ke KPU. Untuk kesiapan pengamanan kami berkoordinasi dengan pihak TNI-Polri dan SatPol PP. Sebentar kami akan rapat kembali dengan pihak keamanan," kata dia. (Jet)

  • Bagikan