Progres Uji Coba Penggunaan QR Code Pembelian BBM Pertalite di Sulsel Capai 42 Persen

  • Bagikan
Aktifitas salah satu SPBU di Kota Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Progres uji coba penggunaan QR Code untuk pembelian BBM jenis Pertalite di Provinsi Sulawesi Selatan saat ini telah mencapai 42 persen dan telah diterapkan di berbagai SPBU.

Sales Area Manager Retail Sulselbar, PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Rainier Axel Siegfried Parlindungan Gultom, menjelaskan bahwa implementasi uji coba pembelian BBM Pertalite menggunakan QR Code di wilayah Sulselbar terbilang cukup stabil, dengan data yang menunjukkan peningkatan secara bertahap.

“Melalui implementasi transaksi menggunakan QR Code, kami menguji kehandalan sistem di SPBU Pertamina, memastikan pelayanan oleh petugas berjalan dengan baik, serta mendorong masyarakat untuk segera mendaftar QR Code,” ujar Rainier, Rabu (2/10/2024).

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menjelaskan bahwa program subsidi tepat untuk JBKP Pertalite ini merupakan inisiatif pemerintah, serupa dengan yang sebelumnya diterapkan pada solar subsidi.

Menurutnya, program ini memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat, termasuk pendataan penggunaan Pertalite yang lebih akurat serta peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pendataan yang lebih akurat mengenai konsumsi JBKP Pertalite akan memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat. Pertama, data Subsidi Tepat dapat membantu pemerintah daerah dalam mengatur penyaluran kuota BBM subsidi, sehingga kuota yang terbatas dapat disalurkan dengan baik dan mengurangi antrean," jelas Fahrougi.

"Kedua, hal ini akan meningkatkan pendapatan daerah melalui potensi kenaikan PBBKB (Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor) akibat meningkatnya penjualan BBM non-subsidi. Ketiga, program ini membantu pemerintah daerah dalam mengawasi penyaluran BBM subsidi agar sesuai dengan amanat Undang-Undang Migas No. 22/2001," tambahnya.

Fahrougi juga menekankan kemudahan dalam mendaftarkan QR Code kendaraan. “Bagi yang belum mendaftar, segera daftarkan kendaraan Anda. Cukup dengan KTP, STNK, dan foto kendaraan. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website subsiditepat.mypertamina.id atau langsung di SPBU yang menyediakan help desk untuk pendaftaran QR Code subsidi tepat,” jelasnya. (Hikmah/B)

  • Bagikan