Kado Spesial PT SCI untuk Sulsel di HUT ke-355

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - 19 Oktober jadi perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Sulawesi Selatan (Sulsel). Di 2024 ini, Sulsel sudah menginjak usia yang ke-355 tahun. PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau Perseroda Sulsel yang menjadi bagian tak terpisahkan dari Sulsel.

Sulsel Kini Punya Blok Tambang

Banyak kado spesial yang SCI telah persembahkan untuk Sulsel di kepemimpinan Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrullohdan dibantu oleh Plt Direktur Utama PT SCI, Machmud Achmad, salah satunya adalah Sulsel berhasil memiliki Blok Tambang di Luwu Timur (Lutim). Blok tambang itu adalah lahan Eks PT Vale Indonesia.

Selama 355 tahun, Sulsel baru kali ini memiliki sendiri lahan tambang yang akan dikelola sendiri bersama rekanan. Ada tiga blok tambang yang akan dikelola, yakni Blok Pongkeru, Blok Bulubalang dan Blok Lingke Utara.

"13 September 2024 menjadi sejarah besar provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Luwu Timur dalam sejarah provinsi dan Lutim pertama kalinya memiliki blok tambang yang dimiliki sendiri, bekerjasama dengan PT Antam," kata Prof Zudan.

Luas lahan dari tiga blok itu seluas 6.860 hektare, dengan rincian Blok Bulubalang 1.665 hektare, Blok Lingke Utara dengan luas 943 hektare dan Blok Pongkeru seluas 4.252 hektare. Adapun pembagian untuk Blok Pongkeru, yakni PT Antam 55 persen, Pemprov Sulsel atau Perseroda Sulsel 18 persen dan Luwu Timur Gemilang atau Perseroda Lutim 27 persen. Lalu untuk dua blok tambang lainnya, yakni Blok Bulubalang dan Lingke Utara dimenangkan oleh PT SCI atau Perseroda Sulsel.

Akan Bangun Pabrik Urea, Annomia dan Refinery Oil

PT SCI akan bekerjasama dengan Pemkab Bulukumba untuk membangun Pabrik Urea, Annomia dan Refinery Oil. Rencana lokasinya akan dibangun, di Desa Lemo-lemo, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba di atas lahan 300 hektare dengan beberapa titik proyek pabrik yang akan menghasilkan 800 KTA (kilo ton per Annun) atau 800.000 tom ammonia per tahun. Sedangkan untuk urea 1.400 KTA atau 1.400.000 Ton urea per tahun.

  • Bagikan