Anggaran Pilgub Sulsel 2024 Makin Tak Jelas

  • Bagikan
Rapat Koordinasi Tingkat Provinsi Sulsel dan Kabupaten/kota dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak 2024, di Hotel Sheraton Makassar, Selasa (13/12/2022).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemilu dan Pilkada serentak 2024 kian dekat, namun nominal anggaran yang disepakati untuk pelaksanaan pesta demokrasi serentak ini makin tak jelas.

Disaat daerah lain sudah mempatenkan angka nominal lewat APBD tahun 2023 atau tahun sebelumnya, justru Pemprov Sulsel belum ada sama sekali berapa anggaran yang disepakati. KPU Sulsel sendiri sebagai penyelenggara mengaku sudah mengusulkan item-item dan nominal pembiayaan pelaksanaan Pilgub 2024 mendatang.

Berdasarkan hasil akhir pertemuan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Sulsel bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejak Agustus 2022 lalu, disepakati hasil sementara anggaran Pilgub untuk KPU Provinsi senilai Rp 408 millar lebih, sementara untuk anggaran Bawaslu Sulsel sebesar Rp176 miliar lebih.

Namun hampir 4 bulan berlalu, hingga saat ini belum ada tindaklanjut dari pertemuan tersebut, bahkan di APBD Pokok 2023 Pemprov dikabarkan tak ada anggaran Pilgub 2024 dalam post yang telah dianggarkan oleh Pemprov Sulsel.

Menurut Asisten 1 Pemprov Sulsel, Andi Aslam Patonangi, Pemprov Sulsel masih menimbang jumlah nominal alokasi anggaran pelaksanaan Pilgub Sulsel 2024 yang akan diberikan kepada KPU dan Bawaslu. 

  • Bagikan