Duet Ganjar-Erick Kena Imbas Hasil Survei Jokowi Soal Kepuasaan Terhadap Kinerja, Kok Bisa? Begini Penjelasannya

  • Bagikan
Ganjar - Erick Capres dan Cawapres Potensial menurut Hasil Survei Indikator Politik Indonesia (Ist/Fin)

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Simulasi pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir mendapat imbas hasil survei Presiden Joko Widodo (Jokowi). Itu, terkait tingkat kepuasan terhadap kinerja presiden atau presidential approval rating.

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) membuat empat model simulasi pilpres 2024. Hasilnya, pasangan Ganjar-Erick mendapat efek elektabilitas dari tingkat kepuasaan kinerja Presiden Jokowi.

Hal itu disampaikan oleh Direktur IPI Burhanuddin Muhtadi saat merilis hasil survei secara virtual di Jakarta, Rabu, 4 Januari 2023.

Temuan lembaganya, kata Burhanuddin, 71,3 persen warga Indonesia puas atas kinerja pemerintah Jokowi. Sementara yang tidak puas 27,1 persen. Sisa 1,6 persen tidak tahu/tidak menjawab.

"Mereka yang puas karena (Jokowi) memberi bantuan untuk rakyat kecil, membangun infrastruktur jalan, dan kinerjanya sudah bagus. Sementara yang tidak puas, sebagian besar karena menganggap harga kebutuhan pokok meningkat dan bantuan tidak merata," kata Burhanuddin.

Survei ini dilakukan pada periode 1-6 Desember 2022 dengan total 1.220 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling.

Responden itu diwawancarai dengan tatap muka. Toleransi kesalahan (margin of error) survei ini sekitar +/- 2,92 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

  • Bagikan

Exit mobile version