KIB di Ujung Tanduk

  • Bagikan
KIB Unjuk Kekuatan Jelang Pemilu 2024

Kemudian, dengan resminya PDI-P menetapkan Ganjar sebagai Capres, maka secara otomatis memberikan kekuatan kelembagaan politik bagi Ganjar, pesona personal Ganjar disokong oleh infrastruktur politik yang solid dari PDI-Perjuangan.

"Apalagi saat penetapan Ganjar sebagai Capres dari PDI-P, Jokowi seakan-akan hadir dan memberikan testimoni pada Ganjar, dan ini merupakan signal kepada para relawan Jokowi untuk memobilisasi gerakannya untuk mendukung Ganjar," jelasnya.

Dengan diusungnya Ganjar, maka potensi capres sudah terang ke tiga nama. Termasuk Anies dan Prabowo dan dia juga menilai PDIP tidak akan sendiri.

"Dia (PDIP) membutuhkan teman koalisi. Partai-partai yang berada di KIB punya potensi besar menjadi teman koalisi. Dan secara tak langsung KIB akan bubar jika partai-partai sudah tak sejalan dengan pilihan figur capres dan cawapres," jelasnya.

Untuk figur cawapres yang dibutuhkan Ganjar sangat tergantung dari perspektif kebutuhan kepemimpinan dan elektoral. "Ganjar tak butuh syarat dukungan sebab PDIP bisa mengusung sendiri. Maka kemudian Ganjar membutuhkan variabel lain dalam menentukan siapa sosok cawapres yang tepat baginya," bebernya. (Yadi-Fahrul/B)

  • Bagikan