Mahasiswa KKP Psikologi UNM Gelar Seminar Pengembangan Komunikasi Efektif di SMKN 1 Makassar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Mahasiswi Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar (UNM) Tahun 2023 yang ditempatkan di PT Sinar Sosro, melaksanakan Seminar Pengembangan Komunikasi Efektif bagi siswa Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Makassar, Rabu, 17 Mei 2023.

Seminar Career Preparation adalah salah satu program kerja dari mahasiswa Kuliah Kerja Profesi (KKP) Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar Tahun 2022-2023.

Adapun tema dari Seminar Career Preparation, yakni “Building Skill Effective Communication for Selling”, yang dibawakan oleh Ibu Rahmawati Syam, S.Psi., M.Psi., Psikolog, selaku Dosen Psikologi Industri Organisasi, Fakultas Psikologi, UNM dan Pak Romy selaku Unit Manager PT Sinar Sosro Wilayah Sulselbar.

Dr. Resekiani Mas Bakar, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKP UNM di PT Sinar Sosro berharap, melalui kegiatan seminar ini mampu meningkatkan kemampuan atau skill komunikasi siswa yang nantinya akan bergelut dalam dunia pemasaran sesuai dengan jurusan siswa.

Seminar Career Preparation tidak hanya dilakukan secara langsung (luring) di SMK Negeri 1 Makassar, namun dilakukan juga secara online (daring) melalui media Zoom dengan peserta dari berbagai Sekolah SMK yang juga memiliki jurusan pemasaran.

"Seminar Membangun Komunikasi Efektif pada dasarnya bertujuan untuk mengedukasi dan melatih siswa untuk berkomunikasi secara efektif dalam dunia pemasaran sehingga akan menarik customer yang lebih banyak," ungkap Dr. Resekiani Mas Bakar.

Menurutnya, kegiatan seminar bagi para siswa SMK jurusan pemasaran yang digagas oleh mahasiswi KKP Fakultas Psikologi UNM ini bertujuan untuk membekali para siswa terkait bagaimana melakukan pemasaran dengan komunikasi yang efektif.

"Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam dunia pemasaran, namun diperlukan efektivitas dengan strategi yang sesuai untuk bisa memasarkan sebuah produk dengan baik," ujarnya.

Harapannya semoga kegiatan seminar ini benar-benar dapat membuka wawasan para siswa, agar mereka dapat terus meningkatkan performa mereka dalam menjual produk atau memasarkan produk dengan menggunakan komunikasi efektif.

"Dan tidak hanya sampai di disitu, mereka juga dapat tampil lebih percaya diri dalam memperkenalkan produk yang akan dipasarkan," pungkas Dr. Resekiani Mas Bakar.

Sementara Dra. Hj. P. Johartini, M.Pd selaku wakil kepala sekolah SMK Negeri 1 Makassar mengharapkan, dengan hadirnya Mahasiswa KKP Psikologi Universitas Negeri Makassar dan sekaligus Dosen Psikologi UNM Rahmawati Syam, S.Psi., M.Psi., Psikolog, melalui Kegiatan Seminar Career Preparation dengan tema "Building Skill Communication for Selling" dapat bermanfaat dan dapat langsung di praktekkan di lapangan.

"Kami guru-guru dari SMK Negeri 1 Makassar sangat-sangat menerima mahasiswa Psikologi universitas Negeri Makassar mengadakan kegiatan Seminar di sekolah kami, karena ini sangat membantu kami sebagai guru dan siswa dalam memasarkan dan menjual produk dengan menggunakan komunikasi efektif," terangnya.

Abd Wahid selaku salah satu mahasiswa peserta KKP ini mengungkapkan, rasa syukur atas antusias para peserta dalam mengikuti Seminar Career Preparation.

"Sangat bersyukur sekali, awalnya kami berfikir peserta Seminar hanya di ikuti oleh 30 peserta saja, namun pada saat hari H ternyata ada banyak jumlah peserta yang tertarik mengikuti Program utama kami yaitu Seminar Career preparation sehingga peserta mencapai seminar mencapai 60 peserta," ungkapnya.

Mahasiswa Fakultas Psikologi UNM Angkatan 2019 ini pun mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh guru-guru di SMK Negeri 1 Makassar, karena telah memfasilitasi kegiatan Seminar Career Preparation tersebut.

"Seminar ini merupakan program utama kami selama melaksanakan KKP di Kantor PT. Sinar Sosro Kota Makassar," ujar Abd Wahid.

Dirinya pun berharap Seminar Career Preparation yang digelarnya bersama teman-temannya tersebut, dapat bermanfaat dan juga diterapkan para siswa setelah lulus nanti. (*)

Citizen Reporter: Nining Riani Turu

  • Bagikan