Hadi Tjahjanto Punya Peluang Jadi Cawapres Ganjar

  • Bagikan
Ganjar Pranowo dan Hadi Tjahjanto

"Serta rakernas PDIP mengamanatkan untuk pengentasan kemiskinan, melihat kemungkinan besar RTLH masih dapat dilanjutkan jadi program besarnya jadi Hadi masih berpeluang untuk dilirik," ucapnya.

Hanya saja, kata Efriza, kekurangan Hadi adalah figur militer. Dia menerangkan, PDIP pada pemilu 2014 dan 2019 lebih mengedepankan cawapresnya adalah figur sipil.

Sedangkan, jika ia ingin maju sebagai cawapres PDIP, Hadi harus mencoba mengapungkan namanya di level masyarakat melalui organisasi masyarakat maupun relawan yang mendukungnya secara langsung dan tidak langsung.

Efriza melanjutkan, Hadi harus giat mendorong dirinya, utamanya saat ini melalui PPP sebagai bagian dari koalisi dengan PDIP. Serta harus semakin menguatkan hasil kinerja nyatanya yang menunjukkan respons positif.

"Ia juga harus mendekatkan diri dengan elite-elite PDIP agar namanya diperhitungkan dan mengapung di internal PDIP," terangnya.

Sisi berikutnya, lanjut Efriza, Hadi harus lebih banyak mendekatkan dirinya kepada Presiden Jokowi dengan menunjukkan kinerjanya yang positif dan tingginya kepuasan masyarakat terhadap dirinya.

Sebab, dengan nama dia mengapung di masyarakat dan internal PDIP hingga dipercaya PDIP, maka amat memungkinkan ia yang dipilih meski hasil survei elektabilitasnya tak dalam papan atas.

"Jadi ia harus giat bekerja menaikkan kualitas dirinya, membangun hubungan secara lebih dekat agar namanya mengapung di masyarakat," tutup Efriza. (FO)

  • Bagikan