Besok, DPRD Sulsel Mulai Bahas Pj Gubernur Pengganti ASS

  • Bagikan
Wakil ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif (Foto Fahrullah)

Ia melihat putra daerah Sulsel banyak yang punya kompetensi kapasitas dan kemampuan dalam hal itu. Terutama persyaratannya sudah memenuhi sehingga dianggap layak menduduki jabatan Pj. Gubernur Sulsel masa sisa 2023/2024.

"Yang saya tahunya bahwa surat itu sudah ada, kita DPRD Sulsel mau untuk melakukan proses karena tiga nama yang diusulkan oleh DPRD Sulsel dan tiga nama diusulkan kementerian dalam negeri dan diteruskan ke Pesiden," beber Syahar.

"Soal nama itu silakan dicari dulu sebagai bahan masukan masyarakat ke DPRD Sulsel dan tahapannya di DPRD Sulsel tentu semua fraksi punya hak untuk mengusulkan nanti melalui usulan fraksi akan dirapimkan," lanjutanya.

Diketahui, masa jabatan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman akan berakhir 5 September 2023. Ada beberapa nama mencuat. Di antaranya, dua Rektor dari universitas tekemuka di Makassar, Rektor Unhas, Prof. Dr. Jamaluddin Jompa, Rektor UNM Prof. Dr. Husain Syam, Staf Ahli Bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Menko Polhukam, Laksma TNI Abdul Rivai, Inspektur Utama Setjen DPR RI dan mantan Kapolda Sulsel, Komjen Nana Sudjana.

Ada juga nama Inspektur Jenderal Depdagri, Komjen Pol Drs. Tomsi Tohir, Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Dr Drs Bachtiar MSi, dan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Depdagri, Dr Akmal M Piliang.

Diantatra nama-nama itu, mantan Kapolda Sulsel, Komjen Nana Sudjana, kini menjabata Inspektur Utama Sekretariat Jenderal DPR RI sangat berpeluang. Ada juga nama Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Depdagri, Dr Drs Bachtiar MSi. (Yad/B)

  • Bagikan