Besok, DPRD Sulsel Mulai Bahas Pj Gubernur Pengganti ASS

  • Bagikan
Wakil ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif (Foto Fahrullah)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sulsel mulai membahan mekanisme nama Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel untuk menggantikan Andi Sudirman Sulaiman (ASS) besok Rabu (26/7/2023).

Konsultasi itu menujuk pada surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 100.2.1.3/3734/SJ. Tanggal 21 Juli 2023 perihal usul nama calon Penjabat Gubernur Sulsel.

"Sudah ada surat dari Mendagri ke DPRD Sulsel. Jadi, kami akan bahas mulai besok Rabu 26 Juli 2023," kata Wakil Ketua DPRD Sulsel, Syahruddin Alrief, saat ditemui di DPRD Sulsel, Selasa (25/7/2023).

Terkait nama-nama akan diusulkan DPRD belum bisa disampaikan secara detile. Pasalnya baru dijadwalkan untuk pembahasan di Pimpinan Dewan dan fraksi partai.

Menurutnya, berdasarkan dengan surat Kemendagri soal masa jabatan kepala daerah di Sulsel, termasuk Gubernur pada 5 September 2023.

"Tentu sudah ada surat pemberitahuan dari Kemendagri untuk DPRD Sulsel mengajukan nama calon Pj. Gubernur. Naman-nama nantinya ada kriteria yang ditetapkan di situ," tutur politisi asal Sidrap itu.

Diakui dalam wacana yang sudah tersampaikan di media tentu putra-putri terbaik Sulawesi Selatan yang memenuhi persyaratan sangat banyak. Baik itu yang mengabdi di kementerian, Jakarta, dan jabatan yang memenuhi persyaratan seperti eselon I yang TNI dan polri.

"Yang mengabdi di kementerian lembaga di negara kita. Kita punya beberapa nama. Saya baca orang Sulsel yang mengabdi di Kementrian dalam negeri. Ada beberapa nama yang muncul. Ada di kementrian aparatur negara," kata Syahar.

  • Bagikan