Dorong Konsumsi Pangan Beragam dan Bergizi, Dinas Ketahanan Pangan Sulsel Gelar Festival B2SA

  • Bagikan
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat menyantap hidangan pada kegiatan Festival Pangan Lokal B2SA, didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Drs. H. Andi Muhammada Arsjad, di Baruga Pattigaloang, Rujab Gubernur Sulsel, Kota Makassar, 25 Juli 2023. (Foto Shasa)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dalam rangka merayakan Hari Jadi ke-354 Sulawesi Selatan, Dinas Ketahanan Pangan melalui Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan menggelar Festival Pangan Lokal B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman).

Kegiatan ini berlangsung di Baruga Pattigaloang, Rujab Gubernur Sulsel, Kota Makassar, pada tanggal 25 Juli 2023. Dengan dihadiri oleh 23 perwakilan PKK dari Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan.

Festival B2SA menampilkan beberapa kategori lomba, termasuk Resep dan Display B2SA, Menu Kudapan, Olahan Pangan Lokal (Produk Kering/Akhir), dan Produk Olahan Pangan Lokal Komersial (Produk Basah/Intermediate). Lomba tersebut mencatatkan para pemenang Juara 1, 2, dan 3, serta Harapan 1, 2, dan 3.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Drs. H. Andi Muhammada Arsjad menekankan pentingnya memperkuat budaya konsumsi pangan yang beragam melalui B2SA, yang harus menjadi komitmen bersama dengan dukungan dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

"Ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menerapkan prinsip B2SA dengan memanfaatkan olahan pangan lokal di daerah masing-masing," terang Arsjad.

Peningkatan skor PPH (Pola Pangan Harapan), kata Arsjad, menjadi salah satu kunci utama keberhasilan dalam mencapai ketahanan pangan di Sulawesi Selatan.

"Upaya ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Selatan," ucap Arsjad.

Tidak hanya Festival B2SA, Dinas Ketahanan Pangan Sulsel juga menggelar B2SA GOES To School.

Giat ini bertujuan untuk mendidik anak-anak sekolah mengenai pentingnya mengonsumsi makanan yang Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman, dengan menggantikan makanan jajanan yang tidak bergizi di sekolah.

"Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang pola makan yang sehat agar terhindar dari stunting," ujar Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan, Erniwati Thamrin.

Melalui Festival B2SA dan program B2SA GOES To School, diharapkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat dan lokal semakin meningkat.

Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, saat membuka Festival B2SA, menjelaskan bahwa tujuan utama acara ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang prinsip Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA).

"Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan olahan pangan lokal yang ada di setiap wilayah untuk mencapai tujuan ini," ucap Andi Sudirman.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina, memberikan apresiasi atas kerjasama Dinas Ketahanan Pangan dengan PKK Provinsi.

Dia berharap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga dapat berkolaborasi dengan PKK Provinsi dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di wilayah ini. (Shasa/B)

  • Bagikan