Perbaikan Enam Ruas Jalan di Parepare Capai 60 Persen

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Kabid Bina Marga Dinas PUPR Kota Parepare, Widian Wijaya yang dihubungi, mengatakan, perbaikan enam ruas jalan di Kota Parepare sudah mencapai 60 persen.

Enam ruas jalan lanjut Widin menjelaskan, Hingga saat ini, sudah ada empat dari enam ruas jalan yang telah selesai dikerjakan. Yang anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2023, dengan estimasi Rp 20 miliar lebih.

"untuk progres pengerjaannya, sudah mencapai 60 persen, atau sudah ada empat ruas jalan yang telah diselesaikan. Di antaranya, Jalan Jenderal Sudirman, sepanjang 2.701 Meter, Jalan Nurussamawati, 567 Meter, Jalan Andi Makkasau 830 Meter, dan Jalan Pemuda 907 Meter. Jadi total keseluruhan yang sudah terlaksana sampai Kamis, sudah mencapai 5.005 Meter panjangnya dari empat ruas jalan itu,"jelas Widin.

Ia menambahkan, pengerjaan jalan ini dilakukan guna menindaklanjuti arahan dari pemerintah pusat, untuk memperbaiki semua jalan yang menjadi jalur perdagangan, termasuk yang sering dilintasi masyarakat umum.

Apalagi, kata dia, infrastruktur jalan menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan perekonomian suatu daerah.

"Pengerjaan jalan ini juga, termasuk arahan dari pemerintah pusat karena selama ini ada beberapa ruas jalan yang sering dikunjungi Bapak Presiden RI, sehingga membuat daerah-daerah terpengaruhi. Karena itu, Presiden RI melalui instruksinya untuk memperbaiki semua jalan yang menjadi alur-alur transportasi layanan kesehatan dan perdagangan. Termasuk untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melintasi jalan yang berada di Parepare,"terangnya.

Lanjutnya, erbaikan jalan ini juga terkait laporan dari warga pengguna jalan, DPRD dan organisasi masyarakat yang ditampung oleh Dinas terkait. Sehingga menjadi prioritas tahun ini.

"rehab jalan ini juga merupakan prioritas Wali Kota Parepare Taufan Pawe, untuk menindaklanjuti saran dan masukan dari masyarakat terkait perbaikan jalan yang ada di Parepare. Walikota juga terus menekankan kepada kami untuk selalu menerima saran dan masukan dari masyarakat terkait perbaikan jalan, " tandasnya.

Selain rehab jalan menggunakan DAK, dalam waktu dekat ini, pihaknya juga akan melakukan rehab jalan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) yang bersumber dari APBD murni Parepare.

"Untuk DAU itu, adalah Jalan Andi Sapada, dengan total anggaran sebesar Rp361 juta," pungkasnya.

Untuk diketahui enam ruas jalan yang direhabilitasi dengan menggunakan DAK, terdiri dari, Jalan Jendral Sudirman, jalan Nurussamawati, Andi Makkasau, jalan Pemuda, Tonrangeng River Side, dan Kompleks Pasar Lakessi.(Yanti)

  • Bagikan