Ini Visi Misi Prabowo-Gibran di Bidang Pendidikan, Pelajar dan Guru Perlu Tahu

  • Bagikan
Pasangan Calon Presiden 2024 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka

Memperkuat Pendidikan, Sains, dan Teknologi

  1. Melanjutkan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan memperluas cakupannya hingga ke pesantren dan perguruan tinggi.
  2. Penguatan sistem pendidikan nasional untuk meningkatkan kualitas SDM yang produktif dan berdaya saing global.
  3. Membenahi kurikulum perguruan tinggi, pendidikan vokasi, dan politeknik berbasis riset, inovatif, aplikatif, dan inkubasi yang terhubung dengan industri.
  4. Peningkatan dana riset dan inovasi hingga mencapai 1.5-2.0 persen dari PDB dalam 5 tahun.
    Beasiswa untuk putra-putri petani, nelayan, guru, dan buruh, agar dapat melanjutkan ke S1 hingga S3.
  5. Membangun perpustakaan dan taman-taman bacaan untuk mendorong gerakan literasi di masyarakat.
  6. Mendorong pendidikan yang meningkatkan literasi digital pada berbagai tingkat pendidikan, sehingga mendukung digitalisasi ekonomi.
  7. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas sekolah kejuruan dalam segala bidang keahlian teknis serta melakukan revitalisasi balai latihan kerja.
  8. Penerapan upah minimum untuk guru swasta, PAUD, madrasah, dan yayasan.
  9. Peningkatan kualitas pendidikan keagamaan seperti ponpes dan beasiswa untuk santri agar dapat melanjutkan pendidikan di tingkat nasional maupun internasional.
  10. Menggaet perusahaan swasta bermitra dengan BUMN untuk membuka program beasiswa dan magang bagi lulusan di perguruan tinggi dan sekolah kejuruan.
  11. Meningkatkan kesejahteraan dosen, peneliti, dan penyuluh. Juga memberikan akses yang mudah untuk generasi muda yang ingin melanjutkan pendidikan, melalui peningkatan ketersediaan daya tampung perguruan tinggi, standardisasi kualitas, dan kemudahan akses masuk perguruan tinggi.
  12. Membuat sistem pendidikan nasional yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa, melalui program pengembangan budi pekerti sejak dini.
  13. Mendorong perguruan tinggi dalam mengembangkan riset dan ilmu pengetahuan yang mendukung strategi pembangunan serta berkolaborasi dengan dunia usaha.
  14. Membentuk sistem pendidikan nasional yang mengedepankan delapan karakter utama bangsa seperti religius, bermoral, sehat, cerdas dan kreatif, kerja keras, disiplin dan tertib, mandiri dan bermanfaat.
  15. Pengembangan budaya bahari dalam sistem pendidikan nasional.
  16. Mengangkat guru honorer secepatnya secara berkala dan tenaga honorer K2 menjadi ASN.
  17. Peningkatan kualitas sistem pendidikan di seluruh Indonesia yang salah satunya menitikberatkan luaran individu yang kreatif dan inovatif dan berkualifikasi global.
  18. Mendirikan lebih banyak ruang pameran dan ruang pertunjukan seni di seluruh Indonesia sebagai sarana pengembangan diri seniman Indonesia.
  19. Peningkatan kualitas SMK yang berorientasi kepada industri kreatif dan seni budaya.

(*)

  • Bagikan