Dukung Kelancaran Distribusi Logistik Pemilu, Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar Siapkan Dana BTT

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, bersama Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin saat melakukan peninjauan gudang logistik alat pemilu di Makassar, Senin (8/1/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Jamin kelancaran distribusi logistik dan alat Pemilihan Umum (Pemilu) Pemprov Sulsel bakal ambil andil, salah satunya dengan penyediaan Dana Biaya Tak Terduga (BTT), jika memang diperlukan untuk menyalurkan alat peraga ke daerah terpencil.

hal itu disampaikan oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin seusai melakukan peninjauan gudang logistik alat pemilu di Makassar, Senin (8/1/2024).

Kata dia, Pemprov Sulsel siap memberikan bantuan terhadap kendala yang mungkin dialami oleh penyelenggara pemilu KPU-Bawaslu terkait penyaluran alat pemilu, hanya saja untuk besaran angkanya belum ia beberkan.

“Kami prinsipnya Pemprov kemudian Forkopimda siap mendukung KPU apa kendalanya dilapangan kita pasti bantu, kami sudah menyiapkan BTT,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, meski pemilu menggunakan dana APBN, kendala yang dialami KPU selama penyaluran alat pemilu ke seluruh wilayah Sulsel tetap menjadi atensi pemprov.

“Walaupun Pemilu memakai APBN tapi kalau misalnya mau digeser logistik ke lapangan ada kendala cuaca misalnya kita bisa ya menggunakan alat-alat militer, kemudian alat-alat kepolisian, nah uangnya ya nanti kami siapkan,” imbuhnya.

Namun, Bahtiar melanjutkan, pemberian BTT itu tentu harus melalui mekanisme dan permintaan itu dilakukan oleh pihak penyelenggara pemilu, yaitu KPU.  “itu kita lakukan atas permintaan KPU, karena KPU Sebagai penyelenggara dan harus dapat persetujuan dari Bawaslu,” terang Bahtiar Baharuddin.

“Sulsel kompak, kami siap membantu KPU dan Bawaslu di seluruh kabupaten kota, dan kami lihat hari ini penyelenggaraan pemilu tahapan Pemilu tanggal 14 Februari khususnya di wilayah Sulsel insya Allah akan berjalan lancar sesuai dengan rencana” pungkasnya.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan, bahawa Pemerintah Kota (Pemkot) juga menyiapkan Dana BTT untuk mendukung mobilisasi alat pemilu, terutama di wilayah pulau.

“Disamping wilayah yang normal berjalan baik, emergensi juga harus disiapkan,” ucapnya. (Abu/B)

  • Bagikan