Ciri-Ciri Rematik yang Jarang Diketahui Orang, Wajib Tahu Sebelum Terlambat

  • Bagikan
ciri-ciri rematik

RAKYAT SULSEL.CO - Untuk mengetahui apakah Anda menderita rematik, penting untuk memahami gejalanya terlebih dahulu. Simak berbagai ciri rematik yang sering kali tidak dikenal oleh banyak orang di sini!

Ciri-Ciri Rematik yang Jarang Diketahui Orang

  1. Ciri–Ciri Rematik Cedera

Banyak orang menganggap remeh cedera seperti terkilir, padahal ini sebenarnya merupakan salah satu gejala yang sering dialami oleh orang dengan rematik. Terutama, penderita rematik yang berusia di bawah 30 tahun sering mengalami ini saat mengalami kambuhnya penyakit.

  1. Mati Rasa atau Kesemutan

Biasanya, gejala pertama rematik adalah carpal tunnel syndrome atau kesemutan di pergelangan kaki dan tangan, yang disebabkan oleh pembengkakan pada lengan. Kesemutan akan lebih terasa parah di malam hari, jadi disarankan untuk mengompresnya segera.

  1. Terdapat Masalah Pada Kaki

Umumnya, inflamasi rematik terjadi di bagian depan kaki, sementara beberapa orang juga melaporkan nyeri pada tumit karena plantar fasciitis atau pembengkakan jaringan di bagian bawah kaki dekat tumit.

  1. Ciri-Ciri Rematik yang Ada di Mata

Orang yang menderita rematik memiliki kemungkinan besar mengalami sindrom Sjogren atau gangguan autoimun, yang dapat menyebabkan kekeringan pada mata, mulut, hidung, tenggorokan, dan kulit karena adanya peradangan di area tersebut.

  1. Sendi Terasa Pegal

Gejala utama yang sering dirasakan oleh penderita rematik adalah rasa sakit atau kaku pada sendi. Banyak yang mengira ini disebabkan oleh kelelahan atau pengeroposan tulang. Namun, jika rasa sakit berlanjut lebih dari seminggu, ada kemungkinan itu merupakan gejala penyakit rematik.

6.Sendi Menjadi Kaku di Pagi Hari

Tanda-tanda lain dari rematik meliputi kekakuan pada sendi di pagi hari, yang juga umum terjadi pada penderita osteoarthritis atau osteoporosis. Pada osteoarthritis, kekakuan ini biasanya berlangsung sekitar setengah jam, sedangkan pada rematik bisa berlangsung lebih lama.

7.Ciri-Ciri Rematik, Sendi Terkunci

Orang yang mengidap rematik mungkin mengalami sendi yang terkunci, terutama pada lutut dan siku, karena pembengkakan pada tendon di sekitar sendi yang menghambat gerakan menekuk. Jika tidak diobati, kondisi ini bisa menyebabkan kista di belakang lutut yang mengganggu pergerakan sendi.

  • Bagikan