Tidak Perlu Keluar Negeri, Indonesia Mempunyai 7 Tempat Wisata Paralayang

  • Bagikan
Ilustrasi. Lokasi, harga tiket, serta fasilitas wisata yang tersedia di Paralayang Batu, Jawa Timur. (iStockphoto/chayakorn lotongkum)

RAKYATSULSEL – Di Indonesia, olahraga paralayang mulai dikenal sejak tahun 1988. Saat itu, seorang fotografer Perancis memberikan parasut paralayang kepada Lody Korua sebagai hadiah karena telah mendampingi Tim Ekspedisi Perancis di Pulau Seram. Meskipun diterima, parasut tersebut awalnya hanya disimpan oleh Lody Korua.

Setelah beberapa waktu, parasut itu kemudian dipinjamkan kepada almarhum Dudy Arief Wahyudi. Parasut ini dibawa ke Yogyakarta, dan dengan bantuan buku manual, almarhum Dudy Arief Wahyudi Gendon Subandono mulai belajar olahraga paralayang secara mandiri.

Dari situlah, olahraga paralayang mulai berkembang di Indonesia. Parasut tipe Dakkar Everest tersebut kemudian banyak digunakan oleh orang-orang untuk latihan.

Pada awalnya, olahraga ini dikenal dengan istilah "terjun gunung". Namun, seiring berjalannya waktu, minat terhadap olahraga ini semakin meningkat. Sejak tahun 1992, beberapa tempat di Indonesia mulai dikenal sebagai spot populer untuk olahraga paralayang.

Jika tertarik untuk mencoba olahraga paralayang, tidak perlu pergi jauh ke luar negeri. Dikutip dari blibli, Kamis (2/5) Indonesia mempunyai beberapa tempat wisata paralayang yang direkomendasikan.

Puncak Lawang, Sumatera Barat

Pada puncak Danau Maninjau, terdapat Puncak Lawang yang dikenal sebagai lokasi terbaik untuk paragliding di Asia Tenggara. Pada tahun 2013, spot ini menjadi tuan rumah Agam World Cup untuk paragliding. Paralayang di sini akan dimanjakan dengan pemandangan danau yang memukau.

Bukit Timbis, Bali

Jika ingin menikmati panorama indah Pulau Bali dari ketinggian, coba paralayang di Bukit Timbis. Dari sana, paragliding dapat menikmati keindahan pantai, pura, dan resor mewah yang tersebar di sekitar Pulau Bali.

Gunung Banyak, Jawa Timur

Di Jawa Timur, terdapat Gunung Banyak, sebuah spot paralayang terkenal di daerah Batu. Tempat ini telah lama populer di kalangan penggemar paralayang, bahkan menarik perhatian turis internasional.

Paralayang Puncak, Jawa Barat

Jangan lewatkan juga Paralayang Puncak Bogor, salah satu destinasi paralayang terbaik di Jawa Barat. Dengan meluncur di sini, paragliding akan disuguhi pemandangan hijau yang menyegarkan.

Bukit Paralayang, Yogyakarta

Bukit Paralayang di Yogyakarta adalah destinasi lain yang tidak boleh dilewatkan. Dengan paralayang di sini, paragliding bisa menikmati Samudra Hindia dan keindahan pantai Parangtritis dari ketinggian.

Matantimali, Sulawesi Tengah

Di Sulawesi Tengah, terdapat Matantimali di Palu, sebuah spot paralayang yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dari atas. Meskipun kurang terkenal, tempat ini telah menarik minat wisatawan internasional.

Gunung Ungaran, Jawa Tengah

Bagi yang ingin menikmati keindahan Kota Semarang dari ketinggian, paralayang dari Gunung Ungaran bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan paralayang di sini, paragliding dapat menikmati panorama Kota Semarang, Danau Rawa Pening, serta deretan pegunungan di sekitarnya. (jp/raksul)

  • Bagikan