53 Orang Ikuti Tes CAT Calon Panwascam Pilkada Maros

  • Bagikan
suasana pelaksanaan tes CAT dan tes tertulis esai calon Panwaslu Kecamatan Bawaslu Maros, Lab. Komputer SMKN 1 Maros, Senin (13/05/2024).

MAROS, RAKYATSULSEL - Sebanyak 53 calon Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Maros tahun 2024 mengikuti tahapan tes tulis berbasis computer assisted test (CAT), Senin (13/5/2024).

Ketua Bawaslu Maros, Sufirman mengatakan, para peserta yang ikut ujian tersebut sebelumnya telah dinyatakan lulus administrasi.

Menurutnya, tes ini dilakukan untuk memastikan bahwa setiap calon memiliki pengetahuan yang cukup untuk menjalankan tugas mereka nantinya.

Tes tulis yang diselenggarakan di Lab. komputer SMK Negeri 1 Maros ini, berisi berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan hukum pemilihan, wawasan kebangsaan, dan prinsip-prinsip kerja pengawasan pemilu.

"Dari 56 calon yang dinyatakan bersyarat secara administrasi hanya 53 yang mengikuti tes tulis, dengan laki-laki 31 dan perempuan 22 orang. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa calon-calon ini memiliki pemahaman yang baik tentang peraturan dan prosedur dalam pemilihan kepala daerah," kata Sufirman di lokasi tes tulis.

Lebih lanjut Sufirman menjelaskan, kebutuhan Panwascam untuk mengawasi Pilkada Maros 2024 totalnya 42 orang. Bawaslu sebelumnya telah menjaring 31 Panwascam petahana jalur eksisting untuk kembali bertugas karena dinilai berkinerja baik.

"Sehingga, 53 calon Panwascam baru yang mengikuti seleksi ini akan diambil 11 orang nantinya. Kami berharap melalui tes tulis ini, kami dapat menyeleksi personal yang berdedikasi dan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sistem pemilihan di Indonesia," kata Koordinator divisi SDM Bawaslu Maros ini.

Berdasarkan tahapan pembentukan Panwaslu Kecamatan pada Pilkada 2024, hasil tes tulis akan diumumkan pada 17 Mei 2024. Kemudian tes wawancara akan dilaksanakan pada 18-20 Mei.

Dilanjut rekapitulasi hasil wawancara pada 21 Mei dan pleno penetapan calon anggota Panwascam 22 Mei 2024. Bawaslu Maros akan mengumumkan anggota Panwascam terpilih pada 23 Mei.

Terakhir, pelantikan dan pembekalan akan dilakukan 24-25 Mei mendatang. Panwascam terpilih akan mulai bertugas segera setelah itu. Mereka akan berperan penting untuk memastikan bahwa Pilkada Kabupaten Maros tahun 2024 berjalan dengan lancar, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Iqbal)

  • Bagikan