Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H, DP2 Kota Makassar Prediksi Permintaaan Hewan Kurban Meningkat 

  • Bagikan
Ilustrasi Sapi Kurban

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar menyatakan kesiapannya untuk melakukan pengawasan hewan kurban dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah. 

Kesiapan yang dilakukan salah satunya yakni pemeriksaan hewan kurban. Selain itu, DP2 Kota Makassar memprediksi kebutuhan masyarakat terhadap hewan kurban di Kota Makassar meningkat tahun ini.

Hal itu terlihat karena daya jual beli daging sapi di masyarakat yang menunjukkan tren positif. 

Kepala DP2 Kota Makassar, Evy Aprialti mengatakan jumlah kebutuhan hewan kurban di tahun 2023 mencapai lima ribu ekor yang mana untuk kambing sebanyak seribu ekor. 

" Tahun lalu sekitar 5 ribu ekor. Tahun ini bisa lebih besar karena masyarakat sudah paham tentang bagaimana ketentuan kurban, sekarang mereka sudah punya pasar-pasar langganan sendiri," terang Evy, Kamis (16/5). 

Apalagi, kata Evy, melihat jumlah pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Makassar yang mencapai 15 hingga 20 ekor per harinya. 

" Jadi kita patokan dari itu artinya kebutuhan dan daya beli masyarakat sudah bagus, tingkat kepercayaan masyarakat juga," terang Evy. 

Namun, Evy menegaskan belum dapat memastikan jumlah kebutuhan hewan kurban untuk tahun ini. Sebab, pihaknya hingga saat ini masih melakukan pengumpiulan data dari para peternak. 

" Kami masih mengumpulkan data dari para peternak. Mungkin dalam dua atau tiga hari ke depan, kami akan memiliki gambaran yang jelas, tutup Evy. (Shasa/B)

  • Bagikan