7 Rekomendasi Spot Menyelam dan Snorkeling di Sekitar IKN, Dijamin Seru!

  • Bagikan
Snorkeling

RAKYATSULSEL - Seperti yang kita ketahui, diving merupakan kegiatan olahraga menyelam di dalam air laut.

Namun diketahui, aktivitas ini sering kali disebut sebagai scuba diving, dimana olahraga ini  bertujuan untuk rekreasi, menikmati keindahan bawah air ataupun melakukan penelitian.

Lalu, apa perbedaan diving (menyelam) dan snorkeling?

Dikutip dari tn-bunaken.com diving membutuhkan alat yang lebih banyak seperti BCD, regulator, tabung, dan masker.

Selain itu, diving harus melakukan training dan memiliki sertifikat menyelam serta berenang dalam kedalaman tertentu.

Sementara snorkeling, hanya memerlukan alat seperti masker, snorkel atau fins. Kemudian, tidak memerlukan training khusus dan berenang-nya hanya di permukaan.

Nah, kalian lebih tertarik menyelam atau snorkeling nih?

Dilansir dari laman kemenparekraf.go.id ada 7 spot menyelam dan snorkeling di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN). Catat penjelasan berikut ini.


1. Pulau Maratua

Pulau Maratua kerapkali disebut Maldives Indonesia. Sebab, pulau ini memiliki banyak spot menyelam yang menawarkan keindahan alam bawah laut.

Mulai dari terumbu karang warna-warni dan jika beruntung kita bisa bertemu hiu dan penyu-penyu di Pulau Maratua.

Ada beberapa spot menyelam di Pulau Maratua. Di antaranya, Jetty Dive Spot, Turtle Traffic Spot, Hanging Garden, Cabbage Garden, Mid Reef, Eel Garden, dan The Channel.

2. Danau Kakaban

Lokasi ini terletak di Pulau Kakaban. Danau Kakaban menawarkan sensasi snorkeling yang unik. Karena, di danau ini kita bisa berenang bersama ubur-ubur jinak yang hidup di air payau.

Jadi, kita bisa snorkeling tanpa harus takut tersengat ubur-ubur. Adapun keunikan habitat Danau Kakaban yaitu ubur-ubur totol (Mastigias papua), ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), dan ubur-ubur terbalik (Cassiopea ornata).

3. Pulau Sangalaki

Spot ketiga yaitu memiliki daya tarik menyelam dengan hamparan terumbu karang, siput laut warna-warni, dan berbagai jenis ikan yang unik, seperti ghost pipefish, clownfish, jawfish, scorpionfish, dan pari manta.

Ada 5 spot menyelam di Pulau Sangalaki. Yakni, Lighthouse Reef, Manta Parade, Manta Avenue, Penyu Town, dan Manta Run.

4. Pulau Derawan

Pulau ini sering mendapat pengakuan para penyelam internasional sebagai lokasi menyelam terbaik di dunia. Salah satu spot terbaik di Pulau Derawan adalah gua bercahaya biru atau blue light cave. Untuk satwa yang ada di Pulau Derawan yaitu penyu hijau, lumba-lumba, dan hiu paus.

5. Muara Badak

Spot selam di Kutai Kartanegara ini jarang diketahui oleh banyak orang. Padahal, Muara Badak memiliki keindahan bawah laut yang memesona. Seperti terumbu karang dan biota laut warna-warni hanya dengan menyelam sejauh 4 meter saja. Satwa yang unik di lokasi ini yaitu hiu tutul.

6. Gua Halo Tabung

Berlokasi di tengah hutan Pulau Maratua, Gua Halo Tabung punya beberapa keunikan. Sesuai dengan namanya, spot snorkeling ini berbentuk gua dengan air berwarna biru jernih dengan kedalaman mencapai 35 meter. Keunikan dari Gua Halo Tabung yaitu keindahan dinding batuan karst yang memantulkan cahaya.

7. Danau Labuan Cermin

Spot snorkeling ini memberikan kejernihan air sebening kaca berkat pantulan cahaya matahari. Tanpa harus berenang pun kita sudah bisa melihat keindahan bawah air di Danau Labuan Cermin.(jp/raksul)

  • Bagikan

Exit mobile version