Pemprov Sulsel dan Kroasia Perkuat Relasi Internasional dengan Pendirian Konsulat Jenderal

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh menerima Kunjungan Mr. Nebjsa Koharovic, M.Sc (Duta Besar Republik Croasia) ⁠Mr. Petar Mihatov, PhD (Perwakilan Menteri Luar Negeri Republik Croasia), dikantor Gubernur Sulsel, Jumat (7/6/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) terus membuka relasi internasional. Salah satu langkah terbaru adalah rencana Pemerintah Kroasia untuk mendirikan Konsulat Jenderal di Sulsel, dengan harapan program-program kerja sama dapat meningkatkan pembangunan di wilayah tersebut.

Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menyampaikan bahwa kunjungan Menteri Luar Negeri Kroasia ke Pemprov Sulsel bertujuan untuk membicarakan program kerja sama antara Pemprov Sulsel dan Pemerintah Kroasia.

“Direktur Jenderal Hubungan Luar Negeri di Kementerian Kroasia datang ke sini untuk mendirikan konsulat jenderal yang diawali dengan Konsul Jenderal Kehormatan Kroasia di Sulsel,” tuturnya.

Prof Zudan juga menambahkan bahwa kesamaan program antara kedua belah pihak bisa menjadi peluang besar bagi Sulsel. “Tadi kita sudah membahas berbagai peluang, baik di bidang infrastruktur, pariwisata, budaya, pendidikan, dan kesehatan,” katanya pada Jumat (7/6/2024).

Sementara itu, Duta Besar Republik Kroasia, Mr. Nebjsa Koharovic, menyampaikan bahwa Sulsel merupakan salah satu wilayah yang kaya potensi. Menurutnya, percepatan pembangunan di Sulsel tergolong cepat dibandingkan beberapa provinsi lainnya di Indonesia.

Apalagi, Sulsel adalah wilayah yang bersejarah dan memiliki berbagai potensi yang kaya. Dalam pertemuan tersebut, Mr. Koharovic dan Prof Zudan membahas tiga pokok bahasan yang bisa dikembangkan lebih lanjut, yakni indeks pembangunan, kerja sama antar kota, dan kerja sama antar provinsi.

“Kami ucapkan terima kasih atas penyambutan yang baik dari Penjabat Gubernur Sulsel,” pungkas Mr. Koharovic. (Abu/B)

  • Bagikan