407 Atlet Sulsel Siap Berlaga di PON XXI Medan-Sumut

  • Bagikan
Para atlet Sulsel saat melakukan pemeriksaan kesehatan di Kantor KONI Sulsel, Jl Sultan Hasanuddin Makassar, Jum'at (21/6/2024).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Ketua KONI Sulsel, Yasir Machmud mengatakan jika ada sekitar 407 atlet Sulawesi Selatan telah sukses melaksanakan tes kesehatan dan dipastikan akan  berlaga di PON XXI di Medan-Sumut pada September nanti.

"Tes fisik ini sebagai langkah awal guna memastikan bahwa para atlet berada dalam kondisi terbaik untuk bertanding dengan kompetitor provinsi lainnya saat PON nanti," kata Yasir Machmud.

Dirinya menyeutkan tes ini akan menjadi data awal yang sangat penting bagi KONI Sulsel. "Dengan mengetahui kondisi fisik atlet, kita bisa memastikan mereka siap secara optimal untuk berkompetisi dan mengurangi risiko cedera, sebanyak 30 tester profesional kita libatkan untuk melakukan pengujian ini," ujarnya.

Wakil Ketua Umum I KONI Sulsel, Herman Hading, menambahkan bahwa evaluasi kemampuan fisik ini mencakup pengukuran berbagai aspek kebugaran seperti kekuatan, fleksibilitas, daya tahan, dan kecepatan. 

Menurutnya, hasil dari tes ini akan menentukan apakah seorang atlet sudah berada dalam kondisi fisik yang optimal untuk berlaga di PON XXI nanti.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari program yang dirancang untuk mengantarkan atlet Sulsel dalam kondisi prima menuju puncak prestasi. Penentuan tingkat kebugaran ini sangat penting untuk menyusun strategi latihan yang tepat dan memastikan setiap atlet berada di puncak performa mereka saat bertanding," kata Herman Hading.

Tes fisik ini menjadi langkah penting dalam persiapan kontingen Sulawesi Selatan untuk menghadapi PON XXI. 

"Dengan dukungan penuh dari KONI Sulsel, diharapkan para atlet dapat menunjukkan performa terbaik mereka dan membawa pulang prestasi gemilang bagi daerah," lanjutnya.

Dirinya juga menuturkan kegiatan tes fisik ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi fisik para atlet. "Sehingga dapat diambil langkah-langkah yang tepat dalam program latihan lanjutan dengan persiapan lebih baik," tutupnya. (Fahrullah/A)

  • Bagikan