Efek Samping Konsumsi Teh Hijau yang Perlu Diwaspadai

  • Bagikan
Ilustrasi Teh Hijau

RAKYATSULSEL - Secara umum, makanan dan minuman dari bahan alami memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk teh hijau.

Meskipun teh hijau terkenal dengan manfaat kesehatannya, penting untuk mengonsumsinya dengan bijak untuk menghindari efek samping. Konsumsi teh hijau yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti:

  1. Gangguan Pencernaan

Kandungan tanin dalam teh hijau bisa menyebabkan iritasi pada lambung, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong, yang dapat menyebabkan mual atau sakit perut.

  1. Gangguan Tidur

Meski mengandung kafein dalam jumlah lebih kecil dibandingkan kopi, konsumsi teh hijau dalam jumlah besar atau di malam hari dapat menyebabkan insomnia atau gangguan tidur.

  1. Penyerapan Zat Besi

Berkurang Konsumsi teh hijau yang berlebihan dapat mengganggu penyerapan zat besi dari makanan, yang bisa menjadi masalah bagi mereka dengan anemia atau kekurangan zat besi.

  1. Risiko Keracunan Hati

Mengonsumsi ekstrak teh hijau dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati, sehingga penting untuk mengikuti petunjuk dosis jika menggunakan suplemen teh hijau.

  1. Interaksi dengan Obat

Teh hijau dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, seperti antikoagulan dan obat tekanan darah. Konsultasikan dengan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tersebut.(Jawapos)

  • Bagikan