Dishub Sulsel Lirik Pelabuhan Awerange, Dermaga Potensial Dukung IKN

  • Bagikan
Kepala Dishub Sulsel, Andi Erwin Terwo memberikan keterangan kepada Awak Media di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel sesuai pengibaran Bendera Merah Putih HUT-RI ke-79, Sabtu (17/8) kemarin. (Abu/A)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pelabuhan Awerange di Barru sudah menjadi alternatif masyarakat untuk akses kapal penumpang dengan tujuan ke sejumlah wilayah Kalimantan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Erwin Terwo mengatakan, pelabuhan tersebut rencananya juga disiapkan untuk akses ke Ibu Kota Negara (IKN).

Sebab kata dia, pelabuhan Awerange Barru merupakan salah satu wilayah Potensial untuk menyangga IKN.

“Awerange memang sangat potensial untuk dikembangkan kedepannya untuk mendukung IKN nanti,” ujar Andi Erwin saat diwawancara Rakyat Sulsel baru-baru ini.

Ia menyampaikan, saat ini pihaknya juga sedang melakukan sosialisasi terkait dengan retribusi untuk akses pelabuhan yang ada di Sulsel.

Bahkan kata dia, untuk peningkatan dan pengelolaan pelabuhan yang ada di Sulsel, Dishub meminta pendampingan kepada pihak Kementerian perhubungan.

Ia membeberkan, untuk sementara ini akses kapal penumpang pelabuhan Awerange Barru itu sudah melayani beberapa rute di sejumlah wilayah kalimantan, seperti Nunukan-Provinsi Kalimantan Utara, Tarakan-Kalimantan Utara dan beberapa daerah Kalimantan lainnya.

Kata dia, pihaknya juga sudah melakukan pemantauan bersama dengan beberapa stakeholder untuk melihat potensi pelabuhan Barru.

Ia juga menyampaikan untuk pelabuhan di Sulsel yang terletak dipesisir barat berhadapan dengan Selat Makassar tergolong memiliki kualitas yang baik.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov Sulsel melalui Dinas Perhubungan Sulsel juga sedang dalam persiapan peningkatan fungsi pelabuhan di sejumlah titik, salah satunya pengusulan pelabuhan Maccini Baji di Kabupaten Pangkep untuk menjadi pelabuhan perintis kepada Kementerian Perhubungan. (Abu/B)

  • Bagikan