Semarak Pilkada Fun Run 2024

  • Bagikan
Fun Run KPU Sulsel. (Ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Masyarakat antusias menghadiri Pilkada Fun Run digelar KPU Provinsi dan daerah, Minggu (18/8).

Sebanyak 1.350 peserta meriahkan Pilkada Run yang diselenggarakan KPU Sulsel. Kegiatan tersebut dipusatkan di Lapangan Grapari Telkomsel Jalan Andi Pangeran Pettarani.

Ketua KPU Sulse, Hasbullah mengatakan kegiatan Pilkada Run dengan tema berlari menuju TPS ini adalah kegiatan yang sengaja dibuat oleh pihaknya dalam rangka sosialisi.

"Karena kami tahu bahwa para runners di Kota Makassar dan di 24 Kabupaten/kota itu banyak sekali. Agenda serentak KPU ini sebagai wadah untuk melakukan sosialisasi guna meningkatkan partisipasi pemilih di Sulsel," ucap Hasbullah.

Sedangkan, koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) KPU Sulsel Hasruddin Husain mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini pihaknya mengundang ribuan peserta yang berasal dari Sulsel.

"Untuk Pilkada Run KPU Sulsel ini kami mengundang 1.350 orang peserta runners di Sulsel, ditambah dengan 24 Kabupaten/Kota mengundang juga komunitas run," tuturnya.

Hal sama dilakukan, KPU Bulukumba, event ini dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten dan kota se Sulawesi Selatan dengan target 700 peserta untuk setiap daerah. Di Kabupaten Bulukumba sendiri tercatat sekitar 750 peserta ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Bahkan banyak peserta yang tidak teregister turut memeriahkan kegiatan yang digelar menyambut pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, November mendatang. Peserta mengikuti rute lari sejauh 5 kilometer dari Lapangan Pemuda Bulukumba mengelilingi kota dan kembali ke titik awal.

Ketua KPU Bulukumba, Asbar Akib, mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Bulukumba.

Lanjut dia, ini dalam rangka menyambut Pilkada serentak, dan mari kita menyambut pesta demokrasi dengan cara riang gembira.

"Kami berharap, dengan digelarnya kegiatan ini, kita dapat menyambut pesta demokrasi dengan riang dan gembira," tutunya.

Hal samanjuga, dilakukan KPU Gowa menggelar Fun Run Pilkada yang diikuti puluhan komunitas runner.

"Sebagai salah satu upaya mengajak pemilih menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 27 November mendatang," kata Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul.

Dia menjelaskan kegiatan sosialisasi yang di gelar dalam bentuk Fun Run PARAGA 2024. Ini sebagai bentuk upaya maksimal KPU untuk mencapai partisipasi pemilih di atas 80 persen pada pemilu 2024.

Konsep ini di bangun karena kebersamaan. Coba kita bayangkan kalau Paraga harus selalu kompak dan bekerjasama, kalau ada yang mendominasi salah satunya pasti tidak akan bagus mainnya.

"Oleh karena itu kami membangun konsep PARAGA ini bukan karena siapa yang paling jago dan tidak jago. Tetapi siapa yang paling bisa membersamai untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gowa," jelasnya.

Sedangkan, KPU Kabupaten Luwu Utara juga menyelenggarakan Pilkada Run 2024 yang diikuti oleh ribuan peserta dari seluruh penjuru Luwu Utara.

Kegiatan yang penuh semangat ini dilaksanakan di Taman Siswa (Tamsis) Masamba, Kelurahan Kappuna, Kecamatan Masamba, pada Minggu.

Acara yang berlangsung meriah ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan datang. Ribuan runners berlari bersama-sama dengan penuh antusiasme sebagai simbolik dari partisipasi aktif dalam proses demokrasi.

Mahsyar, Komisioner KPU Luwu Utara, dalam penutupan kegiatan menyampaikan rasa bangganya atas suksesnya acara ini.

"Jadi ini adalah momen sejarah yang pertama di dunia bahwa ada pemilihan kepala daerah secara serentak dan itu hanya terjadi di Indonesia. Kami mengharapkan partisipasi kita semua apakah kita sudah terdaftar sebagai pemilih," ujar Mahsyar.

Ia menambahkan bahwa partisipasi masyarakat sangat menentukan kemajuan daerah. Karena pemilih lah yang akan menentukan masa depan bangsa ini.

"Partisipasi kita merupakan bentuk usaha dari Komisi Pemilihan Umum agar masyarakat berlari menuju TPS untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada ini," tukas Mahsyar. (Yadi/B)

  • Bagikan