Overtreatment dan Fraud Marak Terjadi di Dunia Medis

  • Bagikan
Diskusi Investortrust Power talk

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Overtreatment dan fraud di layanan medis menjadi marak terjadi saat ini. Hal ini di bahas dalam diskusi Investortrust Power Talk yang digagas Investortrutst.id, Rabu (11/9/2024).

Menurut Pengamat Industri Medis dan Keuangan, S.Budisuharto, ada macam-macam penyebab terjadinya overtreatment dan fraud, namun biasanya kebutuhan keuangan pada layanan kesehatan. 

"Masalah ini menjadi pekerjaan rumah bagi semua orang termasuk pasien, sehingga perlu upaya untuk menekan overtreatment dan fraud ini  yang pertama pasien harus lakukan untuk meningkatkan literasi keuangan. Literasi kesehatan ini harus menjadi tugas dan pasien harus tau, pasien di dorong untuk pengambilan keputusan," jelasnya 

"Pasien juga harus paham terkait penyakit ringan yang bisa disembuhkan di klinik dan masyarakat harus tau. Saat ini juga ada  overtreatment yang masih halus, namun untuk fraud misalnya pasien tidak ada dan di klaim ke BPJS, itu keterlaluan," tambahnya.

S.Budisuharto melanjutkan meski overtreatment dan fraud banyak di temui di dunia medis, namun hujan Terhadap pelaku cenderung sangat ringan.

Sejalan dengan itu, Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio Overtreatment dan fraud telah terjadi sejak dulu dan salah satu penyebabnya adalah ketidak pahaman pasien.  "Menurut pengalaman saya, ini adalah kelakuan yang  sudah ada sejak dahulu.

  • Bagikan