NasDem, Golkar, PPP dan PKB Dapat Jatah Kursi Pimpinan DPRD Sulsel Periode 2024-2029

  • Bagikan
Gedung DPRD Sulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Sebanyak 85 anggota DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2024-2029 akan dilantik dan mengucapkan sumpah pada 24 September 2024 mendatang.

Sebelumnya, para anggota dewan terpilih telah mengikuti gladi bersih pada Minggu (15/9/2024) di Gedung DPRD Sulsel. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan masing-masing fraksi partai, termasuk anggota dewan petahana dan wajah baru.

Dari 85 anggota DPRD yang akan dilantik, sejumlah tokoh lama dipastikan kembali menduduki kursi pimpinan legislatif.

Berdasarkan data yang diperoleh Harian Rakyat Sulsel, lima kader partai akan menduduki kursi Pimpinan DPRD Sulsel, terdiri dari tiga tokoh lama dan dua tokoh baru.

Partai NasDem keluar sebagai pemenang dengan 17 kursi, diikuti oleh Golkar dengan 14 kursi, Gerindra 13 kursi, serta PPP dan PKB masing-masing 8 kursi. PKS dan Demokrat masing-masing meraih 7 kursi, PDIP 6 kursi, PAN 4 kursi, dan Hanura 1 kursi.

Sebagai pemenang pemilu, NasDem berhak menduduki kursi Ketua DPRD Sulsel. Posisi ini dipercayakan kepada Andi Rahmatika Dewi, atau yang akrab disapa Cicu, berdasarkan keputusan DPP NasDem Nomor: 27-SK/AKD/DPP-NasDem/VIII/2024 tentang penetapan pimpinan DPRD dan fraksi Provinsi Sulsel.

"Menetapkan drg. Andi Rahmatika Dewi Yuastitia Iqbal sebagai Ketua DPRD Sulsel periode 2024-2029," demikian bunyi surat keputusan yang disampaikan oleh Sekretaris DPW NasDem Sulsel, Syahruddin Alrif, Selasa (17/9/2024).

Cicu, yang merupakan Ketua DPD NasDem Kota Makassar, terpilih dari Dapil Sulsel I (Makassar A) dengan meraih 46.375 suara. Sebagai petahana, Cicu telah menjabat sebagai anggota DPRD Sulsel selama tiga periode.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Sulsel akan diisi oleh kader Partai Golkar, Rahman Pina, yang terpilih dari Dapil Sulsel II (Makassar B) dengan 24.301 suara. Rahman Pina adalah anggota DPRD petahana.

Wakil Ketua II berasal dari Gerindra, yakni Andi Tenri Indah, Ketua DPC Gerindra Gowa, yang terpilih dari Dapil Sulsel III (Kabupaten Gowa dan Takalar) dengan perolehan suara 63.142. Ia merupakan anggota DPRD baru.

Untuk Wakil Ketua III, PPP menunjuk Sufriadi Arif, Ketua DPC PPP Kabupaten Wajo, yang terpilih dari Dapil Sulsel VIII (Kabupaten Soppeng dan Wajo) dengan 24.952 suara. Sufriadi juga merupakan wajah baru di DPRD Sulsel.

Terakhir, kursi Wakil Ketua IV diberikan kepada Fauzi Andi Wawo dari PKB, yang terpilih dari Dapil Sulsel I dengan 17.807 suara. Fauzi adalah petahana di DPRD Sulsel.

Wakil Bendahara Umum (Wabendum) DPP NasDem, Fatmawati Rusdi, menyatakan bahwa keputusan untuk menunjuk Andi Rahmatika Dewi sebagai Ketua DPRD Sulsel didasarkan pada pengalamannya selama tiga periode di DPRD serta prestasi yang telah dicapai, seperti peningkatan jumlah kursi NasDem di DPRD Kota Makassar.

"Cicu telah bekerja keras menambah kursi NasDem di DPRD Makassar dari 6 menjadi 8 kursi. Ini adalah prestasi besar," kata Fatma.

Cicu juga dipercaya memimpin tim pemenangan pasangan Andi Seto Gadhista Asapa dan Rezki Mulfiati Lutfi dalam Pilwali Makassar 2024, serta menjadi Ketua tim pemenangan partai koalisi Andi Sudirman Suleiman dan Fatmawati Rusdi dalam Pilgub Sulsel.

Dengan pengalaman dan prestasinya, Cicu dinilai pantas memegang kendali sebagai Ketua DPRD Sulsel untuk periode 2024-2029. (Yadi/B)

  • Bagikan