Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar Implementasi Teori Ilmu Komunikasi dalam Program PPL di BSIP Serealia

  • Bagikan

MAROS, RAKYATSULSEL - Magang merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman guna memahami sistem kerja profesional di dunia kerja.

Bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, program magang ini menjadi sarana penting untuk menerapkan teori yang diperoleh di perkuliahan ke dalam dunia kerja nyata.

Dalam hal ini, mahasiswa ditempatkan di Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Serealia, khususnya di bidang Hubungan Masyarakat (Humas), yang sangat relevan dengan keilmuan yang mereka tempuh.

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini berlangsung selama satu bulan, mulai 23 September 2024 hingga 23 Oktober 2024.

Ramlah, salah satu mahasiswa PPL, mengungkapkan bahwa instansi tersebut banyak memberikan ilmu baru, khususnya di bidang kehumasan.

Menurutnya, dengan bimbingan yang tepat dan adanya tugas-tugas yang didapatkan, mahasiswa PPL mampu mengembangkan diri dalam bidang kehumasan.

“Tidak hanya memberikan tugas yang relevan dengan bidang studi, tetapi juga membimbing kami dalam melaksanakan tugas atau proyek terkait pertanian yang tentunya lebih menantang kami sebagai mahasiswa Ilmu Komunikasi. Selain itu, kami juga diberikan kesempatan untuk mengerjakan proyek nyata yang memerlukan penerapan pengetahuan yang telah kami peroleh di bangku perkuliahan," ujarnya.

Sementara, pembimbing lapangan Fatur mengaku, melalui kolaborasi mahasiswa Ilmu Komunikasi UINAM dengan BSIP Serealia ini bisa saling mengisi dan tentunya bisa bermanfaat bagi kedua pihak.

"Saya berharap kita dapat saling bertukar pengetahuan. Apa yang saya tahu, itu yang saya bagikan, begitu pula sebaliknya," harapnya.

Citizen Reporter: Arini Nurul Anwar

  • Bagikan