10 Tips Berhenti Mengumpat dan Berkata Kasar, Wajib Dibaca!

  • Bagikan
ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Tidak jarang kita menemukan diri kita atau orang lain terjebak dalam kebiasaan berbicara kasar atau menggunakan kata-kata yang tidak pantas.

Sebagai pribadi yang ingin terus berkembang, penting untuk memahami bagaimana menjaga bahasa agar tetap sopan dan tidak merusak citra diri.

Dilansir dari laman Positive Parenting pada Selasa (1/10) berikut adalah 10 tips yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi kebiasaan berkata kasar.

  1. Awasi Bahasa Kamu Sendiri
    Kebiasaan berbicara yang buruk sering dimulai dari kebiasaan orang-orang di sekitar kita. Oleh karena itu, langkah pertama untuk mengatasi bahasa kasar adalah dengan mengawasi bahasa kamu sendiri.

Jika kamu ingin teman atau adikmu berhenti berbicara kasar, pastikan kamu juga berhenti melakukannya. Jadilah teladan yang baik, karena orang-orang di sekitarmu akan cenderung mengikuti perilakumu.

  1. Gunakan Istilah yang Benar untuk Bagian Tubuh
    Banyak orang sering menggunakan bahasa kasar saat membicarakan bagian tubuh tertentu. Cara untuk mengubah kebiasaan ini adalah dengan mulai menggunakan istilah yang tepat dan ilmiah untuk bagian tubuh tersebut.

Ini tidak hanya mengurangi penggunaan kata-kata yang tidak pantas, tetapi juga membantu kamu memahami dan menghargai tubuh kamu dengan cara yang lebih baik dan sehat.

  • Bagikan