Cara Merawat Aki Mobil Tidak Soak

  • Bagikan
Aki adalah komponen utama dalam kelistrikan kendaraan yang kompleks (Sumber: Dreamstime.com)

RAKYATSULSEL - Aki merupakan komponen yang penting dalam mobil di bagaim kelistrikan kendaraaan yang kompleks. Meskipun harus diganti secara berkala, umumnya para pemilik menginginkan usia aki yang tahan lama.

Aki menyimpan energi dalam mengatur fungsi-fungsi elektris di dalam kendaraan. Komponen ini perlu mendapat perawatan khusus agar aki dapat bertahan lama. Berikut caranya.

#1 - Pengecekan Kondisi Aki secara Rutin

Tips utama yang harus pengendara cek yaitu dengan mengecek aki mobil secara rutin, khususnya di bagian kabel dan terminal.

Aki harus berada dalam kondisi bersih, serta terhindar dari debu dan kotoran yang dapat menghambat arus listrik ke mobil. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan seminggu sekali, atau setidaknya sekali dalam satu bulan.

#2 Nyalakan Mesin Mobil Secara Berkala

Memanaskan mesin mobil secara berkala, baik saaat digunakan maupun tidak, merupakan salah satu cara merawat aki mobil. Proses pemanasan ini berguna untuk membuat sirkulasi listrik serta sirkulasi oli berjalan dengan baik, dan performa mobil menjadi stabil. Proses ini disarankan untuk dilakukan selama kurang lebih 10 menit di setiap harinya.

#3 Hindari Penggunaan Listrik Yang Berlebihan

Cara merawat aki selanjutnya yaitu dengan menghindari konsumsi listrik yang berlebihan. Saat mobil dalam kondisi mati, sebaiknya matikan pula perangkat elektronik, maupun aksesoris yang dapat menyebabkan daya aki cepat habis.

Setelah mengetahui cara merawat aki mobil agar lebih tahan lama, pemilik mobil juga harus tahu ciri-ciri aki yang mulai melemah. Ciri-ciri tersebut meliputi

  • Mesin yang sulit dinyalakan
  • Lampu kendaraan yang redup
  • Bunyi klik saat menyalakan kendaraan
  • Perangkat listrik kendaraan tidak berfungsi dengan baik

Jika mengalami ciri-ciri di atas, sebaiknya Anda segera mengecek kondisi aki mobil agar dapat memastikan kapan jadwal penggantian aki selanjutnya.

  • Bagikan