Waspada Logistik Pilkada Rusak 

  • Bagikan
Komisioner Bawaslu Sulsel, Samsuar Saleh saat melakukan pengawasan proses pracetak suara suara.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi selatan memberikan imbauan kepada seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/kota untuk menyiapkan gudang aman baik itu dari hama rayap atau rembesan air. Mengingat saat ini musim penghujan sudah mulai masuk.

Diketahui Logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) saat ini sangat rentang untuk rusak, baik itu kotak suara maupun bilik. Mengingat semuanya terbuat dari kardus. 

Komisioner Bawaslu Sulsel, Samsuar Saleh mengatakan jika pihaknya sudah memberikan imbauan kepada seluruh KPU Kabupaten/kota untuk menyediakan gudang yang layak.

"Kami sudah sampaikan ke teman-teman KPU agar sudah yang akan ditempati logistik aman dari rayap dan rembesan air," kata Samsuar Saleh saat dikonfirmasi, Kamis (17/2024).

Dirinya juga menyebutkan untuk saat ini dia lebih fokus melakukan pengawasan pencetakan surat suara. Mengingat semuanya dicetak di luar pulau Sulawesi.

"Saat ini kami focus pada pengawasan pencetakan dan pendistribusian suara suara," ucapnya.

Samsuar menyebutkan jika jumlah suara yang akan dicetak sebanyak 6.856.923 lembar untuk kebutuhan pasangan calon Gubernur Sulsel dari 14.548 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Sulsel.

"Berdasarkan pengawasan kami mesin cetak berjalan dengan nomor," ucapnya.

Samsuar melanjutkan jika jadwal pencetakan suara suara ini dijadwalkan rampung pada 22 Oktober nanti dan akan dikirim melalui jalur laut. "

"Estimasi pengiriman setelah diproses di percetakan sekitar tanggal 22 Oktober 2024 dan untuk estimasi surat suara tiba di Makassar diperkirakan tanggal 4 November 2024," tutupnya. (Fahullah/B)

  • Bagikan