Hari Kebudayaan, Disbud Makassar Bakal Tampilkan Tradisi Sura Maca dan Barasanji

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Kebudayaan kembali akan menggelar Hari Kebudayaan pada 1 April 2022 mendatang.

Di mana Pemkot Makassar telah mencanangkan Hari Kebudayaan pada 2019 lalu melalui seminar. Tahun ini sendiri merupakan tahun ke 4 pelaksanaan kegiatan ini. Rencananya akan dilaksanakan selama sebulan penuh atau sepanjang April.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Herfidha Attas menyampaikan, kegiatan kebudayaan nantinya akan dimulai dengan melakukan upacara peringatan di halaman Balai Kota Makassar.

Kemudian dilanjutkan dengan karnaval yang melibatkan 200 peserta. Mereka terdiri dari paguyuban dan sanggar seni yang merupakan binaan Dinas Kebudayaan Kota Makassar.

“Mereka akan menggunakan baju karnaval, baju adat nusantara serta baju adat suku bangsa,” kata Herfidha, Selasa (29/3).

Mengingat kegiatan ini dilaksanakan pada masa pandemi, kata Fidha–sapaan akrab Kadis Kebudayaan, maka rangkaian acaranya tidak begitu panjang. Masyarat, manajame hotel, restoran, dan pedagang agar turut serta memperingati hari kebudayaan ini.

Pada kegiatan ini, Fidha mengungkapkan, Pemkot Makassar akan perlihatkan ada ritual budaya yang masih banyak orang belum ketahui. Seperti perjalanan Sang Mujahid Syech Yusuf.

“Selama April ada beberapa rangkaian ritual budaya pada tanggal 2 dan 8 April. Acara tersebut tetap mengacu pada ritual budaya seperti tradisi sura maca dan barasanji (pembacaan riwayat syech yusuf),” ungkapnya.

“Ritual acaranya itu dari sore sampai buka puasa bersama. Kemudian di 8 April juga ada ritual budaya dilanjutkan malam hari malam budaya, setelah salat tarawih,” sambungnya.

Adanya pelaksanaan kegiatan ini juga diharap mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor UMKM melalui penyewaan baju adat maupun penjualan makanan dan jajanan tradisional khas Makassar.

Sebagaimana visi dan misi wali Kota Makassar terkait pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Terpisah, Even Organzer atau EO Hari Kebudayaan Makassar ke-4, Sofyan Setiawan menyampaikan ada sebelas sanggar akan mengikuti parade budaya. Kemudian menampilkan 25 karya busana karnaval, sembilan diantaranya adalah busana pemenang.

  • Bagikan