Jatah Anggaran 2022 Dispopar Enrekang Hanya Rp3 Miliar

  • Bagikan

ENREKANG, RAKYATSULSEL – Alokasi anggaran masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Enrekang telah diketuk DPRD. Dinas Pemudan Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) hanya Rp3 miliar.

Kepala Dispopar Enrekang, A. Ahmad Faisal mengatakan, fokus anggaran untuk tahun ini ada dua sektor. Yakni, pelaksanaan festival dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Untuk tahun ini, kita akan melaksanakan Festival Latimojong dan Festival Toassa, selain beberapa event festival lainnya,” ujar Ahmad Faisal, Selasa (29/3).

Kata dia, pihaknya juga akan bekerjasama lintas OPD. Antara lain dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, komunitas dan pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan kinerja dan kualitas dibidang kepariwisataan.

Diketahui, saat ini, Dispopar Enrekang baru memungut retribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di dua destinasi wisata Villa Bambapuang dan Permandian Alam Lewaja. Tahun lalu, dua lokasi ini masing-masing menghasilkan Rp187 juta dan Rp180 juta.

Ahmad mendorong pemerintah di desa untuk membenahi kelembagaannya. Salah satu upaya untuk mereka yakni mengadakan pendampingan dan pembentukan kelompok sadar wisata.

“Kita sangat terbantu dengan adanya kelompok sadar wisata di desa-desa. Kita target tahun ini bisa meningkat dari tahun lalu yang hanya 19 desa. Makanya kami masih membuka jika ada desa yang punya potensi wisata untuk diperkenalkan,” pungkasnya. (Fadli)

  • Bagikan