Verifikator PPD Tingkat Nasional Akui Program Unggulan Parepare

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL- Pemerintah Kota Parepare berhasil mengikuti penilaian tahap ke-3 Verifikasi tingkat Nasional Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2022, setelah dinyatakan berhasil menembus 10 besar.

Penilaian Tahap ke III Verifikasi atau kunjungan lapangan ini dilakukan oleh Tim penilai independen penghargaan pembangunan daerah Bappenas, Selasa (29/3/2022).

Tim penilai independen PPD Bappenas, Prof Dr Mudrajad Kuncoro mengatakan, Pemerintah Kota Parepare terpilih salah satu kabupaten terbaik di Indonesia.

Maka Dalam tahap ke tiga ini merupakan kunjungan lapangan untuk memverifikasi apa yang telah dipresentasikan oleh Kepala Daerah yakni Walikota Parepare dan juga kepala Bappeda, sejauh mana bantuan dari pemda yang dirasakan oleh pelaku bisnis, UMKM, pengrajin, dan peternak.

“Tadi pagi saya sudah mengunjungi Callnak center , ini membantu para peternak untuk kesehatan ternak masyarkat, baik sapi, kambing maupun hewan peliharaan lainnya. Dan tadi menarik, callnak center buka 24 jam dan begitu ditelepon langsung segera ke lokasi,”terang Mudrajad.

Lebih lanjut ia menjelaskan dan mengapresiasi inovasi-inovasi dan program unggulan yang dihadirkan oleh Pemerintah Kota Parepare yakni, kelompok kedai pesisir usaha Abon Ikan dan kelompok bunga mekar pengrajin kerang-kerangan.

“Saya juga sudah mengunjungi kelompok kedai pesisir usaha Abon dan kelompok pengrajin kerang-kerangan. Ini menarik, karena memberdayakan ibu-ibu rumah tangga untuk mendapatkan penghasilan atau membuka lapangan kerja,”akunya.

Guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM ini juga menyebut bahwa program unggulan Pemerintah Kota Parepare lebih banyak melahirkan sosial bisnis.

“Sosial bisnis atau sosial preneur itu seorang penggiat usah yang berdampak positif bagi lingkungan sekitarnya. Dan itu terjadi di kelompok usaha Abon dan pengrajin kerang-kerangan ini. Yang bis membuka lapangan kerja bagi ibu-ibu,”pungkasnya.

Diketahui, Kota Parepare sudah berkompetisi dengan 98 Kota lainnya di Indonesia. Ini sudah masuk 10 besar, dan penilaian tahap ke tiga ini akan memilih 3 besar Kota yang terbaik dalam ajang PPD tingkat nasional 2022 ini.(Yanti)

  • Bagikan