Hari Ini Komisioner KPU dan Bawaslu 2022-2027 Dilantik

  • Bagikan

JAKARTA, RAKYATSULSEL – Pelantikan akan dilaksanakan Presiden Joko Widodo kepada 7 Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan 5 Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027, Selasa (12/4).

Jadwal pelantikan ini dipastikan saat Presiden Jokowi menggelar Rapat Terbatas (Ratas) dengan kementerian terkait di Istana Bogor, Jawa Barat, membahas soal kepastian penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyebut akan melantik Komisioner KPU dan Anggota Bawaslu periode 2022-2027 bakal berlangsung Selasa hari ini (12/4), atau digeser dari jadwal sebelumnya yakni hari Senin (11/4) karena terdapat aksi mahasiswa di berbagai wilayah.

Dengan dilaksanakannya pelantikan penyelenggara pemilu yang baru untuk lima tahun ke depan, maka dapat dipastikan tidak ada penundaan untuk Pemilu Serentak 2024 atau yang berkaitan dengan jabatan 3 periode.

“Kita telah sepakat pemilu dilaksanakan 14 Februari 2024 dan Pilkada pada bulan November 2024. Tahapan Pemilu itu sudah dimulai pertengahan Juni 2022,” kata Jokowi.

Hingga saat ini, Presiden Jokowi sedang mengikuti acara Penyerahan Zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional Tahun 2022 di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, bersama beberapa menteri terkait.

Setelah ini, Jokowi langsung diagendakan melantik para Komisioner KPU RI dan Anggota Bawaslu RI yang baru di lokasi yang sama.

Nama nama yang akan dilantik menjadi anggota KPU RI yaitu Betty Epsilon Idroos, Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Melaz.

Sementara untuk lima nama Anggota Bawaslu RI terpilih, yakni Lolly Suhenty, Puadi, Rahmat Bagja, Totok Haryono, dan Herwyn Jefler Hielsa Malonda. (Rmol)

  • Bagikan