Penuhi Kuota 30 Persen Perempuan

  • Bagikan
Srikandi Siap Ramaikan Pileg 2024

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Keterlibatan perempuan dalam Pileg menjadi isu yang sangat urgent dan perlu. Selain kewajiban kuota 30 persen, total pemilih perempuan pun lebih banyak ketimbang laki-laki.

Di Sulawesi Selatan, pemilih perempuan mencapai 3,1 juta jiwa, sementara pemilih laki-laki mencapai 2,9 juta orang. Pada Pileg 2019 lalu, ada 4 caleg perempuan DPR RI yang melaju di daerah pemilihan (Dapil) berbeda.

Aliyah Mustika Ilham di Dapil Sulsel 1, Hasnah Syam dan Yuliani Paris di Dapil Sulsel 2 dan Eva Stevany Rataba di Dapil Sulsel 3.

Bagaimana di Pileg 2024? Partai Golkar tengah melirik mantan Rektor Universitas Hasanuddin, Profesor Dwia Aries Tina Pulubuhu.

Prof Dwia digadang-gadang akan maju bertarung di Dapil Sulsel 2 bersama politisi Golkar Pangkep, Rismayani Syamsuddin. Selain itu, beringin rindang juga menyiapkan Ketua Golkar Lutra yang juga Bupati Lutra Indah Putri Indriani di Dapil Sulsel 3.

Partai NasDem juga berpotensi mendorong kader perempuan terbaiknya. Diantaranya Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi dan Indira Chunda Thita di Dapil Sulsel1, petahana Hasnah Syam di Dapil Sulsel 2 serta Eva Stevany Rataba dan Putri Dakka di Sulsel 3.

Adapun Partai Demokrat akan mendorong petahana Aliyah Mustika Ilham di Dapil Sulsel 1, petahana Yuliani Paris di Dapil Sulsel 2 dan Surya Boby di Dapil Sulsel 3. Sementara PKS disebut-sebut menyiapkan anggota DPRD Sulsel, Sri Rahmi di Dapil Sulsel 1.

  • Bagikan