Hari Ini, NasDem Umumkan Usung Anies Baswedan Sebagai Calon Presiden

  • Bagikan
Anies Baswedan saat tiba di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin (3/10)

JAKARTA, RAKYATSULSEL - Partai Nasional Demokrasi atau NasDem hari ini resmi mengumumkan nama Calon Presiden (capres) untuk diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Nama calon diumumkan sendiri oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh di Kantor NasDem Tower, Jakarta, Senin, 3 Oktober 2022.

Politisi NasDem Zulfan Lindan mengatakan, pengumuman nama calon Presiden yang diusung karena ada desakan dari mitra koalisi NasDem.

Diketahui, mitra koalisi NasDem saat sini adalah PKS dan Demokrat. Meski demikian, antara NasDem, PKS dan Demokrat belum secara resmi umumkan diri sebagai partai koalisi.

"Karena ada desakan dari rekan koalisi yang lain, PKS dan Demokrat. Desakan dari dua partai ini agar segera mengumumkan nama capres," ujar Zulfan.

Zulfan mengatakan, selama ini mitra koalisi NasDem dibuat bingung dengan nama capres yang akan diusung.

NasDem sedianya menjadwalkan pengumuman nama capres pada tanggal 10 Oktober 2022 mendatang. Namun sengaja dipercepat untuk memecah kebingungan mitra koalisi.

"Untuk memecah kegalauan dari ketiga partai ini, maka NasDem diminta mengumumkan pertama tentang calon presiden, karena apa, karena sudah diputuskan oleh rakernas NasDem bahwa NasDem telah mempunyai calon presiden," ujar Zulfan.

Hal ini juga diakui Ketua DPD NasDem Kepulauan Selayar, Ady Ansar terkait nama Anies Baswedan yang diusung sebagai Calon Presiden 2024 dari Partai NasDem.

"Insya Allah sebentar akan dideklarasikan Anis Baswedan menjadi Capres 2024," ujar anggota DPRD Sulsel itu via WA, Senin (3/10).

Dalam Rapat Kerja Nasional Partai NasDem (Rakernas), setidaknya ada tiga nama yang muncul. Yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Panglima TNI Andika Perkasa.

NasDem pun menjadi partai politik yang pertama kali umumkan secara resmi nama calon presiden 2024 yang diusungnya. (*)

  • Bagikan

Exit mobile version