Ini Tokoh ‘Jagoan’ yang Disiapkan PKB dan Golkar Maju ke Senayan

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL – Partai Golkar dan PKB Sulsel mempersiapkan sejumlah kader terbaiknya untuk bertarung dalam Pemilihan Legislatif pada tahun 2024 mendatang.

Tak hanya di tingkat Kabupaten/kota dan Provinsi. Melainkan jagoan partai dipersiapkan untuk maju di DPR RI pada pileg tahun mendatang.

Ketua DPW PKB Sulsel Azhar Arsyad mengatakan khusus DPR RI, partainya menargetkan 3 kursi. Naik 1 kursi dari raihan pada Pileg 2019 yang mampu mendudukkan 2 kadernya di Senayan.

"Selain target peningkatan kursi. Ada empat kader kami di DPRD Sulsel yang akan ke Senayan pada Pileg 2024. Yakni Syarif Fattah, Hengki Yasin, Irwan Hamid, dan Fauzi Andi Wawo," kata Azhar Arsyad, Selasa (25/10/2022).

Anggota DPRD Sulsel itu menjelaskan, langkah itu dilakukan agar target partai di pileg 2024 meraih tiga kursi di DPR. Harapanya agar raihan 3 besar bisa terwujud secara nasional di pemilu mendatang.

"Target kami tiga besar, maka tentu satu setiap dapil. Makanya kami berharap dari dua kursi menjadi tiga kursi," tutur Ketua Fraksi PKB DPRD Sulsel itu.

Diketahui, hasil Pileg 2019 lalu, PKB Sulawesi Selatan menempatkan 2 kadernya di DPR RI. Yaitu Haruna Dapil Sulsel I, lalu Andi Muawiyah Ramli yang terpilih di Dapil Sulsel II.

Sementara itu, Irwan Hamid mengatakan, hatinya sudah bulat ke DPR pada Pileg 2024. Hal itu dilakukan untuk kepentingan partai.

Apalagi selama ini Sulsel III meliputi Kabupaten Sidenreng Rappang, Pinrang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja Utara, dan Kota Palopo, PKB tak punya kursi.

"Saya sudah dua periode di DPRD Sulsel. Semoga Pileg 2024, dapil Sulsel III tidak lagi kosong dengan majunya saya di DPR RI," singkat legislator DPRD Sulsel ini.

Sedangkan, Wakil Sekretaris Komunikasi Publik DPD I Golkar Sulsel, Zulham Arief mengatakan, partai Golkar sebagai pemenang di Sulsel pada pileg 2019 memasang target penuh untuk kembali meraih suara dan kursi dominan di pemilu 2024 nanti.

"Salah satu langkah untuk mencapai target menang, DPD I Golkar Sulsel tengah menyusun bakal calon anggota legislatif (bacaleg) untuk DPR RI," ujarnya.

Sejau ini, ada sejumlah tokoh dari DPP, maupun pengurus DPD I Golkar Sulsel serta akademisi dan pengusaha sudah mengisi daftar bacaleg 2024.

Mereka diantaranya untuk daerah pemilihan ( dapil) Sulsel I yakni Hamka B Kady, Rahman Pina, Kasmawati Basalamah, Iksan Iskandar, Dr Ajiep Padindang dan Prof Kadir.

Untuk Dapil Sulsel 2 diantaranya Supriansa, Andi Fahsar Padjalangi, Erna Rasyid Taufan Pawe, Andi Ina Kartika, Zainuddin Hasan, Ny Syamsuddin Hamid, Herman Heizer serta Hj Suhartina Bohari

Adapun Dapil Sulsel 3 diantaranya Muhammad Fauzi, Muslimin Bando Andi Fauziyah Hatta, John Rende Mangontan, Lakama Wiyaka, Irpan, serta Ny Yohanis Bassang.

"Dengan nama-nama diatas, kan masih ada lagi. Kalau kita lihat komposisi mereka tidak satu Dapil," jelas Zulham.

Dengan komposisi Caleg tersebut dirinya sangat optimisi partai berlambang pohon beringin rindang ini mampu mencapai target mereka, seperti di Dapil I (2 kursi) Dapil II (3 kursi) dan Dapil III (2 kursi).

"Masih ada tokoh lainya dari dapil III yakni Toraja, Toraja Utara. Kami menunggu lagi keterwakilanya, dan kita berharap istri dari pak bupati, Yohanes Bassang (Agustina Bassang) bisa menjadi penggati pak Markus Nari," pungkasnya. (Yadi/Raksul/A)

  • Bagikan