Prof Sukardi Weda Sharing Ilmu dengan Pimpinan ITB Kalla

  • Bagikan

Prof Sukardi Weda, yang juga mantan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNM menambahkan Revolusi Industri 4.0, Society 5.0, dan era demografi di depan mata menjadi daya dorong untuk semua, terutama bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi era demografi itu yang memerlukan SDM yang bertalenta dan kreatif.

"Di masa depan, pembangunan suatu bangsa ditentukan oleh dua aspek penting, yaitu teknologi dan bisnis," ujarnya.

Di masa depan pembangunan Indonesia sebagai bangsa besar ditentukan minimal oleh minimal dua faktor utama, yaitu bisnis dan teknologi. Di negara maju atau negara industri, minimal 4% penduduknya adalah wirausahawan (entrepreneur) dan rata - rata wirausahawan di negara maju adalah 12%, sementara Indonesia masih rendah proporsi penduduknya yang berwirausaha, yakni baru 3,74%.

Prof Sukardi Weda juga dengan tegas mengatakan dengan semakin tergerusnya kesempatan kerja, maka peluang untuk menghasilkan wirausahawan baru dan kemampuan melahirkan teknologi baru yang dapat digunakan untuk menghasilkan SDM yang unggul dan berdaya saing tinggi. Untuk itu diperlukan peran perguruan tinggi untuk melahirkan teknokrat baru dan wirausahawan baru.

Sukardi Weda juga mengatakan bahwa salah satu perguruan tinggi yang memiliki kepedulian dsn visi jauh kedepan untuk melahirkan generasi unggul sebagai pemimpin masa depan bangsa ini adalah ITB Kalla.

  • Bagikan