Cegah Pohon Tumbang, Wali Kota Makassar Instruksikan DLH Pruning Dahan

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Makassar untuk melakukan penanganan pemeliharaan terhadap pohon-pohon yang ada di Kota Makassar.

Danny menyebut perlu dilakukan pemeriharaan rutin terhadap pohon-pohon yakni dengan melakukan pruning atau pemangkasan volume pada dahan pohon.

Pasalnya, saat ini kondisi Kota Makassar dilanda cuaca ekstrem mulai dari hujan hingga angin kencang sejak 3 Januari lalu. Akibatnya, terjadi pohon tumbang di beberapa titik.

"Jadi pohon-pohon ini, makanya kemarin saya panggil DLH harus ini ada pemeriharaan dahan rutin. Harus ada jadi sudah dijadikan standar. Karena sekarang fenomena angin itu ada di mana mana," terangnya.

Tak hanya itu, menghadapi cuaca ekstrem saat ini, kata Danny, meminta untuk seluruh pihak untuk tetap waspada dan siaga. Pasalnya, cuaca ekstrem ini dapat mengakibatkan genangan hingga banjir.

Apalagi, di prediksi akan terjadi hingga tanggal 9 Januari oleh badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar.

"Saya kira cuaca buruk hingga tanggal 9 ini, kita semua harus standby dan mudah mudahan kondisi air itu bisa tidak seperti yang kemarin," tutupnya.

Berdasarkan data dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar mencatat sejak tanggal 3 - 5 Januari 2023 telah terjadi sebanyak 46 pohon tumbang di Kota Makassar. (sas/A)

  • Bagikan