Musrenbang Kelurahan Parepare Libatkan Disabilitas, Wali Kota dan DPRD Dukung Program Inklusi Sosial

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Ada yang berbeda pada Musrenbang RKPD 2024 tingkat Kelurahan di Kota Parepare yang berlangsung beberapa hari ini. Di antaranya menghadirkan perwakilan penyandang disabilitas di beberapa Kelurahan, yang belum pernah dilakukan pada Musrenbang tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini diungkap Sekretaris Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun mewakili Kepala Bappeda, Samsuddin Taha usai Musrenbang Kelurahan hari terakhir, Selasa, 31 Januari 2023.

"Untuk Musrenbang Kelurahan sudah selesai hari ini. Tapi musrenbang kali ini ada sedikit perbedaan dibandingkan dengan Musrenbang tahun sebelumnya. Karena Musrenbang kali ini menghadirkan perwakilan penyandang disabilitas di beberapa Kelurahan," ungkap Zulkarnaen.

Zulkarnaen mengemukakan, walaupun belum semua Kelurahan menghadirkan penyandang disabilitas, tetapi diupayakan program inklusi sosial tetap berjalan dengan optimalisasi pelaksanaan Musrenbang Kecamatan pada 7 dan 8 Februari 2023 nanti. "Keterwakilan anak, perempuan dan disabilitas diharapkan ada di Musrenbang Kecamatan nanti," harap Zulkarnaen.

Zulkarnaen menekankan, Wali Kota Parepare dan DPRD Parepare sangat mendukung program nasional dengan pemerataan pembangunan melalui program inklusi. Terbukti, Wali Kota Parepare dan DPRD Parepare memasukkan unsur inklusi sosial di Pagu Indikatif Wilayah (PIW) sebagai suatu bentuk inovasi pemerintah yang selalu terbaharukan mengikuti kebijakan nasional.

"Hal ini juga sudah dibuktikan bahwa tahun lalu melalui PIW, kebijakan terkait lingkungan hidup sudah diakomodir melalui program ALAKE (Alokasi Anggaran Kelurahan Berbasis Ekologi) terkait RTH dan persampahan," tandas Zulkarnaen.

Musrenbang Kelurahan di Parepare menyasar 22 Kelurahan, yang dimulai pada Selasa, 24 Januari 2023 hingga 31 Januari 2023. Dalam sehari pelaksanaan Musrenbang berlangsung pada empat hingga lima Kelurahan.

Musrenbang Kelurahan pada 24 Januari 2023 dilakukan di Kelurahan Lakessi, Tirosompe, Ujung Bulu, dan Watang Bacukiki. Kemudian pada 25 Januari 2023 di Kelurahan Ujung Sabbang, Bukit Indah, Cappa Galung, dan Galung Maloang.

Pada 26 Januari 2023 di Kelurahan Lapadde, Bukit Harapan, Sumpang Minangae, dan Lompoe. Pada 30 Januari 2023 di Kelurahan Labukkang, Ujung Baru, Kampung Baru, Lemoe, Ujung Lare. Dan terakhir, 31 Januari 2023 di Kelurahan Mallusetasi, Kampung Pisang, Watang Soreang, Lumpue, dan Bumi Harapan.

Selanjutnya Musrenbang tingkat Kecamatan mulai 7 Februari 2023 di Kecamatan Soreang dan Bacukiki. Serta 8 Februari 2023 di Kecamatan Bacukiki Barat dan Ujung.
(*)

  • Bagikan