Beri Ucapan Selamat, Ini Harapan Daeng Manye Momen HPN 2023

  • Bagikan
Politisi Takalar, Moh Firdaus Daeng Manye

TAKALAR, RAKYATSULSEL - Berbagai ucapan dan harapan datang dari sejumlah tokoh masyarakat dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke 77 tahun.

Salah satunya datang dari tokoh pemerhati dan profesional Takalar, Mohammad Firdaus Daeng Manye. Ia menyampaikan selamat Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan HUT PWI ke 77 kepada seluruh insan pers khususnya di Kabupaten Takalar.

Ucapan itu disampaikan Mohammad Firdaus Daeng Manye usai bersilaturahmi dengan Walikota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Edi Rusdi Kamtono, pada Kamis 9 Februari 2023.

Diketahui puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 diselanggarakan di Medan, Sumatera Utara pada Kamis 9 Februari 2023, dengan tema Hari Pers Nasional (HPN) 2023, yakni “Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat.

Putra berdarah Gowa Takalar itu mengatakan bahwa pers memilki peran yang sangat penting di dalam sebuah negara. Di negara demokrasi seperti Indonesia, pers menjadi tolak ukur kebebasan bersuara demi majunya negara.

“Terus berkarya dan tetaplah komitmen dalam menyajikan informasi yang aktual, berkualitas dan mampu mengedukasi masyarakat, dengan tetap menjunjung tinggi etika jurnalis,” kata Mohammad Firdaus Daeng Manye, Kamis (9/2/2023).

Mohammad Firdaus Daeng Manye juga mengatakan bahwa pers memiliki peran besar dalam membentuk opini masyarakat. Sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 1999, pers berperan dalam mengembangkan pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat dan benar.

“Masyarakat akan beropini sesuai dengan informasi yang didapatnya, termasuk dari media.
Masyarakat dapat menjadi sejuk ketika informasi yang disajikan merujuk pada kebenaran. Sebaliknya, konfik akan terjadi saat informasi yang diberikan berisi fitnah dan provokatif,” tukasnya.

Dia pun berharap kedepan agar sinergi antara insan pers dengan Pemerintah Takalar terus terjaga dengan baik untuk mengawal kemajuan daerah Butta Panranuangku.

“Peran pers sebagai kontrol sosial, juga memberikan edukasi dan masukan bagi pemerintah kedepan agar dapat menjalankan program pembangunan dengan baik sesuai keinginan masyarakat,” ujarnya. (Adhy/A)

  • Bagikan