Dilantik Jadi Kapolrestabes Makassar, Mokhamad Ngajib Siap Lanjutkan Program Budi Haryanto

  • Bagikan
Kapolres Makassar, Kombes Mokhamad Ngajib.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Kapolrestabes Makassar yang baru, Kombes Mokhamad Ngajib komitmen untuk melanjutkan program-program yang telah dibuat dan dilaksanakan oleh Kapolres sebelumnya, yakni Kombes Budi Haryanto.

Hal itu disampaikan Mokhamad usai melaksanakan serah terima jabatan di Mapolda Sulsel, Senin (10/4/2023).

"Saya tentunya akan melanjutkan semua program yang sudah dibuat dan dilaksanakan oleh Kapolres sebelumnya," kata Mokhamad.

Menurut Mokhamad, untuk menciptakan Kamtibmas, kepolisian harus bekerjasama dan bersinergi dengan masyarakat dan juga Forkompinda.

Sebagaimana yang dilakukan Kombes Budi Haryanto yakni memperdayakan partisipasi masyarakat dalam rangka mengelola dan menjaga Kamtibmas atau keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Beliau ini (Budi Haryanto) telah membuat suatu pondasi yang kuat, kerjasama dengan masyarakat, lebih daripada memperdayakan partisipasi dari masyarakat dalam rangka mengelola dan menjaga Kamtibmas," sebutnya.

"Ini yang akan saya teruskan dan tentunya nanti akan saya tegaskan terkait dengan kolaborasi sinergi dengan semua elemen masyarakat. Selama ini saya melihat Makassar sudah menjadi kota yang aman," sambungnya.

Sementara dalam mengahadapi arus mudik lebaran 2023, mantan Kapolrestabes Palembang itu menyampaikan akan fokus pada penertiban arus lalu lintas. Pihaknya akan menggelar operasi ketupat dalam waktu mendatang.

Hal ini disebut penting mengingat Kota Makassar termasuk salah satu kota tujuan pemudik, baik jalur laut maupun jalur udara.

"Karena Kota Makassar adalah tujuan dari seluruh provinsi maupun dari kota dan kabupaten. Ini menjadi daerah tujuan, terutama pada ancaman-ancaman seperti kemacetan, kriminalitas. Dengan adanya operasi ini kita kelola, Insyaallah bisa aman dan tertib," ujarnya.

Begitu juga dengan persiapan menghadapi pemilu 2024 mendatang, sinergitas antar semua elemen sangat penting. Mulai dari penyelenggaraan pemilihan, partai politik, para politikus juga masyarakat.

"Kita satukan, kemudian kita sama-sama menjaga dan melaksanakan pesta demokrasi ini secara jujur dan adil. Kita akan menjalin komunikasi yang baik dengan seluruhnya. Baik partai maupun yang lainnya, untuk kita bersama, berkomitmen menjaga situasi Kamtibmas di Kota Makassar," kuncinya.

Untuk diketahui, dalam giat serah terima jabatan siang tadi juga diikuti oleh beberapa Kapolres lain, diantaranya Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda yang diangkat menjadi Kapolres Tana Toraja. Dia menggantikan AKBP Juara Silalahi yang dimutasi jadi Kasubbagbatas Intelkam Polri.

Kemudian Kombes Yusuf Mawadi yang sebelumnya menjabat Kabiddokkes Polda Sulsel diangkat sebagai Wakarumkit Bhayangkara TK I Pusdokkes Polri.

Posisinya digantikan oleh Kombes Muhammad Masudi yang sebelumnya menjabat Karumkit Bhayangkara Makassar.

Terakhir, Kerumkit Bhayangkara Makassar diisi oleh Kombespol Bambang Triambodo. Begitu juga, Karo SDM Polda Sulsel, pejabat lama yakni Kombes Pol I Ketut Yudha Karyana bakal diganti oleh Kombes Pol Denny Yono Putro.

Sementara Kapolrestabes Makassar sebelumnya, Kombes Budi Haryanto yang diangkat dalam jabatan barunya sebagai Waketbidkermadianmas STIK Lemdiklat Polri. (isak/B)

  • Bagikan