Wali Kota Parepare Apresiasi Penyaluran Zakat dari Kemenag

  • Bagikan

PAREPARE, RAKSUL - Kemenag Kota Parepare menyalurkan zakat ke 597 masyarakat. Penyerahan itu dilakukan di Halaman Kantor Kemenag Parepare Jalan Jenderal Sudirman, Jumat 14 April 2023.

Masing-masing terdiri dari 300 zakat profesi dan 297 fitrah. Walikota Parepare Taufan Pawe didaulat untuk menyerahkan zakat secara simbolis.

Taufan Pawe memuji kegiatan yang digelar Kemenag. Dirinya mengaku tidak menyangka masyarakat akan seramai ini.

"Saya baru datang di halaman kantor Kementerian Agama langsung melihat barisan beras yang akan disalurkan. Termasuk, dia (Kepala Kemenag) selalu menyatu kepada Wali kotanya," katanya.

Pria yang akrab disapa TP ini mengungkapkan kegiatan Kemenag itu perlu menjadi role model bagi instansi lainnya. Baik vertikal, BUMN, BUMD dan lainnya.

"Saya ingin agar acara ini juga diikuti oleh instansi lain, walaupun skala kecil tapi punya makna yang begitu besar. Karena, makna itu terkadang kita dapatkan dari hal yang kecil," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Parepare Fitriyadi mengatakan penyerahan zakat itu sebagai respons dari petunjuk walikota. Ia menjelaskan, zakat fitrah sebagian dikelola kemenag. Sebagiannya disalurkan ke Baznas.

"Ada pembagian 3 ton beras demikian juga uang transportasi sebanyak Rp100 ribu per orang. Jadi ada 300 muzakki zakat profesi ASN kemenag," jelasnya.

Selain itu, zakat fitrah disalurkan ke masing-masing mustahik pilihan dari para pemberi zakat. Masing-masing pemberi zakat membawa satu mustahik.

"Jadi model pada kesempatan kali ini, muzakki yang memanggil mustahik. Jumlah pegawai 297, mereka masing-masing memanggil mustahik," paparnya.

Pada kesempatan itu, Kemenag Parepare juga membuka lomba amaliah ramadan tingkat SD/MI dan SMP/MTs. (*)

  • Bagikan