Kembali Caleg, Demokrat Prioritaskan Incumbent Nomor Urut 1

  • Bagikan
Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sulsel prioritas nomor urut satu bagi calon incumbent yang nantinya akan didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Sesuai perintah ketua umum, Mas AHY, semua incumbent diprioritaskan nomor 1. Ini menjadi penghargaan partai bagi kader-kader utama yang sudah berkontribusi kepada partai,” ungkap Ketua DPD Partai Demokrat Sulsel, Ni'matullah.

Selain incumbent, kata dia, kader utama yang menduduki posisi sebagai Ketua DPD dan Ketua DPC juga mendapat prioritas. Berikutnya baru pengurus dan kader-kader potensial lainnya.

“Ini mekanisme yang disepakati secara internal dan itu yang menjadi pedoman dalam penyusunan daftar caleg,” ungkapnya.

Wakil Ketua DPRD Sulsel ini, akan berbeda kasusnya jika kader utama yang bersangkutan yang tidak lagi mau bersama-sama dengan Demokrat atau tidak maju lagi sebagai caleg.

“Semua inkumben sebenarnya diperintahkan untuk maju. Akan tetapi kalau yang bersangkutan tidak bersedia, maka partai tidak mungkin memaksa. Tapi sepanjang ingin maju bersama Demokrat maka sepanjang itu pula menjadi prioritas,” tegasnya.

Disinggung beberapa kasus di Pemilu 2019 yang caleg terpilihnya justru tidak dilantik, Nimatullah menegaskan, Demokrat punya aturan dan mekanisme yang jelas.

“Kita ini berpartai punya aturan main yang jelas. Silahkan dicek jejak digitalnya, Partai Demokrat tak pernah menzalimi kader-kader yang selalu menunjukkan loyalitasnya,” jelasnya. (Fahrul/B).

  • Bagikan