Pimpinan AJC Silaturahmi Pengurus DPP IMMIM dan FPPM

  • Bagikan
Pimpinan AJC dari Amerika Serikat dan Institut Leimena Jakarta saat melaksanakan Silaturahim dengan Pengurus DPP IMMIM dan FPPM di Gedung IMMIM Jl.Jendral Sudirman No.33 Makassar (9/5).

MAKASSAR, RAKYATSULSEL - Pimpinan AJC dari Amerika Serikat dan Institut Leimena Jakarta melaksanakan Silaturahim dengan Pengurus DPP IMMIM dan FPPM di Gedung IMMIM Jl.Jendral Sudirman No.33 Makassar (9/5).

Hadir Ketua Umum YASDIC IMMIM Hj.Nurfadjri, SP,M.Pd yang sekaligus Ketua Forum Pemimpin Perempuan Makassar (FPPM), Sekum DPP IMMIM Dr.M.Ishaq Shamad, sejumlah Pengurus DPP IMMIM dan jajaran FPPM.

Ari Gordon, dari AJC Amerika Serikat merasa sangat terhormat dengan keramah tamahan pimpinan IMMIM dan FPPM untuk bisa sharing tentang informasi mengenai penganut agama non Islam, misalnya Yahudi, Nasrani, dan lainnya.

Dikatakan Ari Gordon, manusia berasal dari satu keluarga, yakni Adam dan Hawa. "Semua ajaran agama mengajarkan kedamaian, bahkan dalam Islam ada ayat menyatakan siapa yang menghidupkan satu nyawa sama dengan menghidupkan seluruh manusia di dunia, demikian pula sebaliknya, siapa membunuh satu nyawa, sama dengan membunuh seluruh dunia," ujarnya.

Ketua YASDIC IMMIM Hj.Nurfadjri menjelaskan tentang peran IMMIM dalam memperjuangkan toleransi dan moderasi beragama sejak IMMIM didirikan tahun 1963. "Demikian pula Forum Pemimpin Perempuan yang merupakan alumni pelatihan Pemimpin Perempuan di Australia yang anggotanya dari para pemimpin perempuan dari lintas agama, Islam, Kristen, Hindu, Budha, dan Konfuchu," katanya.

Dijelaskan, di Indonesia banyak perbedaan yang bisa berpecah belah, misalnya masalah politik. Namun banyak juga persamaan, sehingga dibutuhkan ada yang mesti mengurus masalah ini, seperti yang dilakukan oleh Ari Gordon.

Pengurus DPP IMMIM, Nurhidayat M.Said menjelaskan peran IMMIM dalam memperjuangkan untuk mendahulukan persamaan, dan bukan menonjolkan perbedaan antar umat beragama. "Dibutuhkan peran bersama dalam memberikan pemahaman yang komprehensif tentang situasi dan kondisi yang terjadi di lintas agama," jelasnya.

Sekum DPP IMMIM M.Ishaq Samad yang memandu acara ini mengenalkan tamu dari AJC Ari Gordon adalah salah satu tokoh agama Yahudi yang berdomisili di Amerika Serikat dan banyak melakukan jejaring dengan Muslim Yahudi di berbagai wilayah di dunia. Demikian pula Wendrik dari Institute Leimena yang menjadi salah satu pembinanya Prof.Alwi Shihab. Kegiatan Institut Leimena telah bekerjasama dengan UMI dalam melakukan Pelatihan Literasi Keagamaan Lintas Agama kepada guru-guru Madrasah di Sulsel. (*)

  • Bagikan