Pemkot Makassar Pusatkan Salat Iduladha di Karebosi

  • Bagikan
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto.

MAKASSAR,RAKYATSULSEL - Pemerintah Kota Makassar memusatkan pelaksanaan Salat Iduladha 1444 H di Lapangan Karebosi, Kamis (29/6/2023).

Salat Iduladha dijadwalkan akan dilaksanakan pada pukul 06:15 Wita. Imam Salat Iduladha akan dijabat oleh Dr. H. Irman, yang merupakan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Makassar.

Sedangkan Khatibnya adalah Dr. H. Muh. Ishaq Shamad, yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal DPP IMMIM.

Namun, jika cuaca buruk dan tidak memungkinkan untuk menggunakan Lapangan Karebosi, maka Salat Iduladha akan dialihkan ke Masjid Raya Kota Makassar.

Selain itu, Pemkot Makassar juga mengadakan salat ied di beberapa lokasi di beberapa kecamatan dalam wilayah Kota Makassar.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengajak seluruh umat Muslim untuk mensukseskan dan menyemarakkan Salat Idul Adha kali ini dengan memperbanyak takbir dan tahmid.

Danny Pomanto, sapaan akrab dari Ramdhan Pomanto, mengatakan kesempatan untuk memuji kebesaran Allah SWT dalam mewujudkan insan muttaqin dan mendorong pembangunan manusia secara menyeluruh menuju masyarakat madani.

"Demi mewujudkan pembangunan manusia seutuhnya menuju masyarakat madani," kata Danny Pomanto.

Danny Pomanto juga menekankan di momen ini akan lebih semarak karena merupakan perayaan lebaran haji perdana setelah pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, dia mengimbau umat Islam di Makassar untuk tetap menjaga kesehatan dan bersyukur.

Selain itu, Danny Pomanto juga menganggap kesempatan ini sebagai momentum untuk menjaga kerukunan, toleransi, dan persatuan antar masyarakat dalam kerangka keberagaman. (Shasa/B)

Adapun, beberapa tempat lainnya di kecamatan-kecamatan dalam wilayah Kota Makassar yang menjadi lokasi shalat Iduladha yakni :

  1. Masjid Al-Markaz Al-Islami, Masjid Raya makassar Kecamatan Bontoala
  2. Lapangan Stadion Andi Mattalatta, Komp. Pertamina, Lapangan Zipur, Majelis Taklim Mappanyukki Kecamatan Mariso
  3. Lapangan Brimob Pa'baeng-baeng, Komp. Iain Alauddin, YPUP, Gedung Juang 45, Komp. Makateks, BTN Hartako, Lapangan Tennis Dinas Perikanan, Lapangan BI Sultan Alauddin, Jalan Andi Mangerangi Kecamatan Tamalate.
  4. Lapangan Kodam VII WRB, SPN Batua, SMA 5, Lapangan Umi, Lapangan Sepakbola Karuwisi Utara, Lapangan Masjid Baiturrahman, Rc. Karuwisi, Pelataran Harian Fajar, Masjid Agung 45 Kecamatan Panakkukang.
  5. Lapangan Bitoa Perumnas Antang, Lapangan Depan Kantor Lurah Antang, SMA 10 Tamangapa, Bukit Baruga Antang, SMA 7 Bangkala Kecamatan Manggala.
  6. Lapangan Sepakbola AURI, Angkatan Udara, Polda Sulsel, IMMIM, Sudiang, Bira Awwalul Islam Bulurokeng, Kompleks Kehutanan PAI, Kompleks BAKN Paccerakkang, Yayasan Darussalam Kecamatan Biringkanaya.
  7. Lapangan BTP, Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Lapangan Unhas, Semua Masjid di Tamalanrea.
  8. Lapangan Perumnas Bonto Makkio, Masjid PT. Telkom, Lapangan Andi Tonro, Kompleks Kesehatan Banta-bantaeng, Lapangan Pa'baeng-baeng, Kompleks UNM, Kompleks Unismuh, Lapangan BTN Minasa Upa, Kompleks BTN Agraria Kecamatan Rappocini.
  9. Lapangan Kompleks TNI Angkatan Laut Kecamatan Ujung Tanah.
  10. PT. Pelindo IV Makassar (Pelabuhan) Kecamatan Wajo.
  11. Lapangan Ujung Pandang Baru, Unhas dan Rappokalling Kecamatan Tallo.
  12. Dan tempat-tempat lainnya yang ditetapkan oleh PHBI serta masjid-masjid dalam wilayah kota Makassar.
  • Bagikan